Tips Sehat Menjalankan Puasa Untuk Bumil

Sebentar lagi bulan puasa tiba. Semua umat islam akan segera menjalankan kewajibannya pada bulan Ramadhan. Tetapi bagi yang memang tidak mampu untuk menjalankannya,  sebagai penggantinya mereka dapat membayarkan fidyah kepada fakir miskin. Salah satu golongan orang yang dikatakan tidak mampu untuk mengerjakan ibadah puasa adalah ibu hamil. Meski tidak semua ibu hamil memilih tidak berpuasa, tetapi ada pula yang merasa sayang untuk melewatkannya. Bagi para bumil yang masih betah untuk berpuasa, inilah beberapa tips khusus untuk bumil ketika bulan puasa tiba.

Cara Sehat Puasa Bagi Bumil

Mengkonsumsi Air Putih

Seperti yang Anda tahu bahwa kesehatan bumil sangatlah rentan apalagi jika ia masih masuk dalam trimester pertama. Jika bumil tidak menghiraukan kesehatannya, maka nyawa bayi dan dirinya bisa terancam. Apabila bumil merasa kuat dalam menjalankan puasa, yang mesti bumil perhatikan adalah tetaplah rajin mengkonsumsi air putih sehingga kebutuhan bayi dan bumil tetap dapat terpenuhi. Usahakan untuk tetap minum 8 gelas sehari. Untuk pembagiannya dapat disesuaikan dengan cara bumil entah mau 4 gelas setelah berbuka dan 4 gelas setelah sahur. Yang terpenting jangan sampai bumil mengalami dehidrasi agar bayi tetap dalam keadaan sehat ketika berpuasa.

Mengkonsumsi Makanan yang Sehat

Ibu hamil satu dengan yang lainnya berbeda. Ada bumil yang doyan makan tetapi ada pula bumil yang merasa mual ketika menyantap makanan. Mungkin tidak ada masalah bagi bumil yang tetap dapat makan selama kehamilannya. Namun, bagi bumil yang mendapati masalah makan, sebaiknya Anda tetap memaksakan diri untuk mengasup makanan yang bergizi selama menjalankan ibadah puasa. Hal tersebut perlu dilakukan agar nantinya nutrisi bayi tetaplah tercukupi selama bumil menjalankan ibadah puasa. Usahakan untuk mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna. Dengan makanan sehat tersebut bumil tidak akan lemas meski sedang berbadan dua.

Mengkonsumsi Vitamin

Memang benar jika orang yang menjalankan ibadah puasa itu dapat dikatakan sehat. Tetapi, bagi ibu hamil menjalankan puasa adalah tantangan tersendiri karena yang dipikirkan bukan hanya kesehatannya, melainkan juga kesehatan buah hati yang ada dalam perutnya. Untuk menjaga badan tetap sehat selama berpuasa, selain makan dan minum yang cukup, ibu hamil perlu mengkonsumsi vitamin agar nantinya badan tidak lemas selama seharian berpuasa. Vitamin dapat bumil konsumsi setelah sahur. Jadi, meski menjalankan kewajiban bumil juga jangan lupa memikirkan kesehatan bayi yang ada di kandungannya.

Berpikiran Positif

Beberapa ibu hamil khawatir akan kesehatan sang buah hati ketika menjalankan ibadah puasa. Tetapi, mereka juga tidak mau meninggalkan puasa karena nantinya harus membayar hutang atau menggantinya dengan membayar fidyah. Bagi bumil yang tidak ingin puasanya menjadi kendala, alangkah baiknya bumil berpikiran positif. Dengan pikiran yang positif, janin yang dikandung bumil juga tidak akan bermasalah. Berbeda ketika bumil selalu merasa was-was, malahan hal tersebut dapat mempengaruhi perkembangan janin saat berpuasa.

Jika bumil tetap mau menjalankan puasa, sebaiknya lakukan beberapa hal sudah dijelaskan di atas ya. Semoga bermanfaat !

Reply