Resep Nasi Goreng Rempah Enak Dan Mudah

Makanan khas indonesia yang sangat terkenal dan banyak sekali digemari salah satunya adalah nasi goreng. Anda tentu sudah sangat akrab dengan makanan yang satu ini. Hampir di berbagai tempat, nasi goreng sangat mudah ditemukan. Biasanya nasi goreng akan mudah ditemukan di warung makan pinggir jalan sebagai menu makan malam namun juga ada yang menjualnya sebagai menu sarapan. Jika anda senang untuk makanan nasi goreng kini saatnya untuk anda mencoba untuk membuat sendiri nasi goreng yang lezat. Kali ini kita akan membahas mengenai resep nasi goreng rempah yang sangat mudah untuk dicoba di rumah.

Nasi goreng rempah sebenarnya tidak jauh berbeda dengan nasi goreng pada umumnya hanya saja bumbu rempah yang digunakan lebih banyak sehingga cita rasa dan juga aromanya sangat istimewa. Ada beberapa hal yang perlu untuk dipersiapkan jika anda ingin membuat resep nasi goreng rempah ini. Pertama-tama tentunya harus menyiapkan peralatan dan juga bahannya terlebih dulu barulah nanti bisa mulai untuk membuat nasi goreng rempah yang lezat. Pada resep kali ini, anda akan membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit untuk membuat 4 porsi nasi goreng yang nikmat.

Bahan yang diperlukan:

Ada beberapa bahan yang perlu anda persiapkan seperti berikut ini

     Dada ayam 1/2 buah, dipotong daging menjadi kotak

     Nasi putih sebanyak 600 gram

     Telur 2 butir, lalu kocok lepas

     Pekak 1 buah

     Bumbu ngohiong sebanyak 1/2 sendok teh

     Garam sekitar 1 ½ sendok teh

     Merica bubuk kurang lebih 1/8 sendok teh

     Bawang goreng sebanyak 2 sendok makan sebagai bahan pelengkap

     Emping goreng secukupnya untuk pelengkap

     Minyak goreng secukupnya atau sekitar 3 sendok makan untuk menumis

Setelah menyiapkan bumbu pertama, selanjutnya anda juga perlu untuk menyiapkan bumbu untuk dihaluskan seperti:

     Kunyit 2 cm, dibakar

     Bawang merah 6 butir

     Bawang putih 3 siung

Cara membuat nasi goreng rempah:

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat resep nasi goreng rempah ini adalah dengan menghaluskan terlebih dahulu bumbu seperti bawang merah, bawang putih dan juga kunyit yang sudah dibakar dan bersihkan.
  2. Apabila sudah anda bisa menyiapkan wajan lalu beri minyak. Selanjutnya panaskan minyak untuk menumis. Jika sudah panas, anda bisa memasukkan bumbu halus dan pekak ke wajan tersebut. Aduk hingga matang dan kemudian anda bisa memasukkan daging ayam yang sudah dipotong.
  3. Setelah daging mulai terlihat matang, anda dapat menyisihkan daging dipinggir wajan dan anda bisa mulai untuk menumis telur. Masukkan telur lalu aduk sampai menjadi butir-butir. Jika sudah matang anda bisa memasukkan nasi.
  4. Nasi diaduk hingga semuanya tercampur rata baik dengan telur dan juga daging.
  5. Selanjutnya masukkan bumbu seperti merica, garam, dan bumbu ngohiong. Jangan lupa untuk mengaduknya hingga rata.
  6. Jika aroma sudah tercium sedap, anda bisa mematikan kompor dan menaruh nasi goreng di atas piring saji. Hiasi dengan bawang goreng dan krupuk emping sehingga akan terlihat semakin menggoda.

Resep nasi goreng rempah telah selesai untuk dibuat. Cara untuk membuat nasi rempah ini sangat mudah sekali bukan. Jika anda senang dengan rasa manis maka anda bisa menambahkan sedikit kecap sebelum nasi diangkat. Namun jika tidak maka bumbu tersebut sudah sangat cukup. Kiranya anda ingin membuat fariasi daging yang digunakan juga sangat mungkin. Anda bisa mengganti daging ayam dengan daging sapi atau bahkan dengan kornet. Jika ingin memberi tambahan jamur juga bisa dilakukan. Sekian resep untuk membuat nasi goreng rempah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Reply