Resep Ayam Goreng Dengan Taburan Bumbu Lengkuas Yang Nikmat Tiada Terkira

Ayam goreng adalah makanan umum yang kerap dimasak untuk menu sehari-harinya dalam rumah tangga. Namun, pernahkah anda berpikir bahwa menu dengan cita rasa yang sama akan membuat penyantapnya bosan dengan rasanya? Daging ayam adalah bahan makanan yang sehat dan perlu dimasukkan dalam daftar makanan kita. Karena itu, kita tidak bisa menggantinya begitu saja dengan bahan lain hanya karena kita bosan dengan rasanya. Jika rasa masakan adalah masalahnya, mengganti resepnya adalah solusinya. Jika anda belum pernah mencobanya, berikut akan kami sampaikan resep ayam goreng lengkuas dengan taburan bumbu yang sama. Mari dibahas resepnya.

Bahan-Bahan Bumbu Utama Ayam Gorengnya

Ada dua kategori bahan yang perlu anda siapkan bila anda ingin memasak menu ayam goreng yang satu ini. Kategori pertama adalah bahan-bahan yang menjadi bumbu utama untuk memasak ayam gorengnya. Memang, ada banyak bahan yang perlu anda siapkan. Akan tetapi, percayalah pada kami bahwa bahan tersebut tidak sulit untuk dicari.

     1 kg daging ayam, dipotong-potong

     3 batang serai, memarkan

     2 lembar daun salam

     1 lembar daun jeruk

     2 jari telunjuk lengkuas, diparut

     2 sdm air asam jawa

     1 sdt kaldu ayam bubuk

     150 ml air

     Garam

     Minyak goreng

Setelah bahan utama siap, kita akan beranjak ke kategori bahan yang kedua. Tidak seperti daftar bumbu di atas, beberapa bumbu di bawah ini adalah bahan yang perlu dihaluskan. Tidak banyak yang perlu disiapkan. Hanya saja, jumlah yang dibutuhkan mungkin lebih banyak dari apa yang anda bayangkan. Berikut bahan-bahan bumbu halusnya.

     10 butir bawang merah

     7 siung bawang putih

     5 butir kemiri

     2 jari telunjuk kunyit

Hanya ini sajalah yang anda perlukan untuk bumbu halus resepan ayam goreng ini. Jika bahan ini pun sudah siap, mari kita pelajari cara membuatnya.

Cara Memasak Ayam Goreng Berbumbu Lengkuas

Meskipun bahan yang dibutuhkan cukup banyak, bukan berarti cara memasaknya akan sangat rumit. Memang, dibutuhkan banyak waktu untuk memasak menu dengan resep yang satu ini. Akan tetapi, langkah-langkahnya tidaklah sesulit yang anda bayangkan. Mari kita lihat apa yang perlu kita lakukan untuk dapat menyajikan menu makanan lezat ini.

     Haluskan bahan-bahan bumbu halus tadi dan gunakan bumbu tersebut untuk melumuri potong-potongan daging ayam yang sudah dibersihkan sebelumnya selama 30 menit.

     Panaskan 3 sdm minyak goreng dalam wajan dan tumis serai, daun salam, daun jeruk, dan lengkuas hingga hasil tumisannya wangi dan harum.

     Masukkan potongan ayam yang sudah dilumuri bumbu halus tadi dan aduk rata. Tambahkan air, air asam jawa, garam, dan kaldu bubuk.

     Masak sambil diaduk hingga kuahnya mengering, sehingga bumbu meresap dalam daging hingga empuk. Angkat ayamnya dan sisihkan.

     Goreng semua sisa bumbu yang ada hingga kering dan taburkan di atas ayam goreng yang sudah masak tadi.

Demikian cara memasak ayam goreng bumbu lengkuas dengan taburan bumbu yang sama di atasnya. Hidangkan selagi panas dan nikmati bersama keluarga. Tentunya, cita rasa yang ditawarkan akan berbeda dari ayam goreng biasanya. Jadikan resep ini selingan bila keluarga anda menginginkan rasa yang beda namun tetap dengan bahan ayam.

Reply