Perubahan Si Kecil Pada Usia 4 Bulan Kehamilan!

Masa kehamilan adalah masa paling membahagiakan untuk seorang perempuan. Tentunya seorang calon ibu tidak akan melewatkan begitu saja prosesnya dari janin masih sekecil biji jagung hingga sampai membentuk manusia dan siap untuk diperkenalkan ke dunia. Salah satu proses perkembangan janin yang sangat ditunggu-tunggu yaitu pada saat kehamilan memasuki bulan ke empat atau sekitar 16 minggu.

Pada masa ini terjadinya perubahan pada janin yang mana tubuhnya sudah terbentuk seperti kepala, tangan, mata, hidung, telinga dan beberapa bagian tubuh lainnya, pokoknya sudah terbentuk seperti manusia hanya saja belum begitu sempurna. Seiring berkembangnya janin pada masa ini calon ibu juga akan merasakan perubahan pada perutnya yang semakin membesar karena janin yang dikandung juga membesar. Beginilah perkembangan janin 4 bulan diperut sang calon ibu.

  1. Pada tahap ini sering disebut sebagai tahap pendewasaan karena organ sudah lengkap dan tinggal penyempurnaan dan pendewasaannya. Organ tubuh yang mengalami pendewasaan diantaranya adalah telinga yang mulai mengeras dan berfungsi, oleh karena itu pada tahap ini biasanya calon ibu diharapkan sering-sering berkomunikasi karena janin sudah bisa mendengar suara dan mampu merespon suara apapun yang didengarnya dengan gerakan, terutama suara dari ibunya.
  2. Usia kandungan 4 bulan ini paru-paru janin mulai berkembang mendekati sempurna dan disaat itulah janin akan belajar untuk memulai bernafas.
  3. Pada usia ini, wajah mulai terbentuk dan sudah bisa dilihat wajahnya sedikit-sedikit.
  4. Terbentuknya jaringan-jaringan kulit yang ada di kepala janin dan berkembangnya syaraf otaknya.
  5. Pada tahap ini pula janin sudah mengalami cegukan, alis mulai terlihat, bergerak menghisap jempol, menendang, peregangan, terus bisa merespon cahaya dengan menutup muka jika disenterin. Duh gemes banget.
  6. Pada usia ini janin sudah berukuran sekitar 5,5inci.
  7. Perkembangan pada otot janin mulai kuat dan perkembangan sistem pencernaannya sudah mulai berfungsi, janin sudah mampu mencoba meminum air ketuban. Organ lain seperti hati telah mampu membentuk darah.
  8. Selain itu pada hati juga akan terbentuk sebuah metabolism hemoglobin serta bilirubin yang mempunyai kekuatan menyalurkan biliverdin (bilirubin yang dirubah oleh hati) ke usus.

Pada tahap inilah terjadi perubahan fisik pula terhadap sang ibu, diantaranya:

    Perut calon ibu akan membesar dan akan sedikit mengganggu aktifitas sehari-hari karena akan sedikit menganggu keseimbangan tubuh akibat berat badan yang bertambah.

    Karena mengalami pembesaran perut sehingga terjadi perengangan kulit dibagian perut yang biasanya menjadi stretchmark. Peregangan ini juga menimbulkan hiperpigmentasi atau perubahan warna kulit yang biasanya muncul dibawah perut berwarna hitam bergaris-garis.

    Pada tahap ini calon ibu juga akan mengalami penurunan kerontokan pada rambut yang disebabkan oleh perubahan hormone yang kembali normal dibandingkan dengan pada awal bulan kehamilan.

    Usia kehamilan 4 bulan ini tentu akan membuat tubuh calon ibu terasa lebih berat sehingga calon ibu akan merasa mudah lelah saat melakukan sesuatu. Disini sangat dianjurkan untuk calon ibu mengurangi aktifitas-aktifitas fisik yang berat untuk menghindari kelelahan, karena jika over lelah nanti bisa mengganggu perkembangan janin 4 bulan yang mana pada masa ini sangat membutuhkan penyesuaian jadi diharapkan calon ibu memperbanyak istirahat. Jadi begitulah sekiranya yang terjadi pada janin dan calon ibu, semoga bermanfaat untuk para calon ibu. Happy pregnant!

Reply