Penasaran Bagaimana Perkembangan Janin 5 Bulan, Simak Ini

Kehamilan adalah salah satu fase yang menyenangkan bagi seorang ibu. Ketika usia kandungan menginjak bulan ke-lima, janin mengalami perkembangan yang lebih signifikan dibanding bulan-bulan sebelumnya. Karena itu, ibu juga akan mengalami perubahan secara berkala baik mental maupun fisik. Ibu penasaran bagaimana perkembangan janin 5 bulan di dalam perut Ibu, simak informasinya di bawah ini.

Perkembangan Janin 5 Bulan yang Perlu Ibu Ketahui

Saat usia janin masuk 5 bulan, organnya berkembang makin sempurna. Selain itu, janin juga mulai mengenali lingkungan sekitarnya. Pola tidur janin juga lebih teratur yaitu pagi hingga sore hari. Sementara malam harinya janin akan bergerak lebih aktif, tak heran jika kegiatan tidur ibu jadi sering terganggu. Di bawah ini 7 perkembangan janin usia 5 bulan yang perlu ibu ketahui.

  1. Pergerakan janin mulai aktif

Saat usia kehamilan 5 bulan atau sekitar 17-22 minggu, pergerakan janin dalam perut akan lebih sering ibu rasakan. Gerakan janin yang berumur 5 bulan aktif bergerak hingga 200 gerakan per harinya. Pada minggu ke-18, janin sudah dapat menendang dan meninju. Ibu juga bisa merasakan gerakan putarannya untuk pertama kali.

  1. Perubahan kulit janin

Pada minggu ke-17, kulit janin berkembang dan transparan. Warnanya merah karena pembuluh darah masih terlihat jelas. Memasuki minggu ke-20, kulit yang menutupi tubuh janin sudah bisa dibedakan menjadi lapisan epidermis dan lapisan dermis. Lapisan epidermis akan membentuk pola-pola tertentu pada ujung jari, telapak tangan, maupun telapak kaki. Sedangkan lapisan dermis mengandung pembuluh-pembuluh darah kecil, saraf dan sejumlah besar lemak.

  1. Rambut dan alis bayi mulai tumbuh

Pada bulan ini, alis mata dan rambut halus di kulit kepala mulai tumbuh. Perkembangan lapisan epidermis dan lapisan dermis tadilah yang mendukung terbentuknya rambut dan alis di bagian luar kulit janin. Tapi hal ini hanya bersifat sementara karena dua minggu setelah bayi lahir, rambut-rambut tersebut akan rontok dengan sendirinya.

  1. Dapat mengetahui jenis kelamin bayi

Jika usia janin sudah 5 bulan, jenis kelamin bayi sudah bisa dilihat melalui pemeriksaan USG. Bagian ini adalah yang paling ditunggu-tunggu ibu dan ayah untuk mengetahui jenis kelamin bayinya kelak.Selain jenis kelamin sudah terbentuk, beberapa tubuh janin sudah mulai terlihat sempurna hanya saja bentuknya lebih kecil.

  1. Janin sudah bisa mendengar

Sejak minggu ke-18, janin sudah bisa mendengarkan suara dari luar tubuh anda. Janin bisa bergerak atau melompat saat mendengar suara keras. Di saat ini pula, hubungan interaktif antara ibu dan janin semakin erat. Janin bisa merasakan apa yang sedang ibu rasakan seperti rasa gembira, sedih, lapar, atau yang lainnya. Oleh karena itu ibu disarankan untuk lebih sering berbicara kepada bayi atau memperdengarkan musik yang lembut.

  1. Memiliki rangsangan terhadap cahaya

Selain indra pendengarannya yang telah berfungsi dengan baik, janin usia 5 bulan juga mulai bisa merasakan rangsangan cahaya yang berasal dari luar meskipun matanya terpejam. Jika ibu ingin membuktikannya, ibu bisa mengarahkan sumber cahaya ke perut maka janin akan bergerak lebih kuat sebagai responnya.

  1. Janin bisa menghisap jempol

Di bulan ke-5 ini pula otak janin mencapai jutaan saraf motorik. Karena itu janin mampu membuat gerakan seperti menghisap jempol. Bagi janin dalam kandungan, menghisap jempol adalah bentuk penenangan diri saat mendapat respon yang baru dikenalinya dari luar.

Itulah 7 perkembangan janin 5 bulan yang perlu ibu ketahui. Untuk menjaga tumbuh kembang janin, ibu harus terus menjaga kesehatan dan asupan nutrisi serta menghindari segala penyebab stres. Semoga bermanfaat.

Reply