Obat Tradisional Bisul yang Cepat dan Efektif Menyembuhkan

Tiba-tiba muncul benjolan merah pada kulit atau yang biasa disebut bisul pasti membuat kita tidak nyaman. Biasanya bisul ini muncul pada bagian leher, wajah, bahu, paha, pantat, atau ketiak. Bagian-bagian tubuh tersebut lebih rentan terkena bisul karena sering mengalami gesekan dan berkeringat. Bisul disebabkan karena adanya infeksi bakteri Staphylococcus aureus yang memicu peradangan pada folikel rambut (lubang tempat tumbuhnya rambut).

Bisul bisa terjadi pada siapa saja. Kemunculan bisul pada kulit bisa dipicu oleh faktor kebersihan pribadi maupun lingkungan yang kurang dijaga. Bisul juga mudah menular pada orang lain melalui kontak langsung dengan penderita bisul. Penyakit bisul jarang membutuhkan penanganan medis dari dokter karena bisa sembuh dengan sendirinya. Kecuali bisul diikuti dengan gejala-gejala lain yang menjadikannya serius. Penyakit bisul bisa ditangani sendiri dengan obat tradisional menggunakan beberapa jenis tanaman yang ada di sekitar kita.

6 Tanaman Yang Ampuh Sebagai Obat Tradisional Bisul

Memecahkan bisul dengan paksa sangat tidak dianjurkan karena justru dapat memperparah infeksi. Melakukan hal tersebut juga dapat membuat bakteri menyebar. Lebih baik jika menunggu bisul pecah dengan sendirinya. Saat terkena bisul, anda bisa memanfaatkan beberapa tanaman yang ada di sekitar anda. Berikut ini 6 tanaman yang ampuh mengatasi bisul.

  1. Daun Sirih

Daun sirih memang menjadi salah satu tanaman yang mempunyai banyak manfaat, salah satunya untuk mengobati bisulan. Selain mudah ditemukan, pengolahan daun sirih sebagai obat bisul juga sangat mudah. Anda tinggal merebus daun sirih setelah itu mengompreskannya ke area kulit yang terkena bisul. Agar menempel anda bisa menggunakan perban dan plester. Biarkan selama satu sampai dua jam.

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung vitamin, mineral alami dan juga antioksidan yang dapat mempercepat penyembuhan bisul. Caranya mudah saja, ambil daging lidah buaya lalu oleskan langsung ke area bisul. Anda juga bisa menempelkannya dengan cara menutup menggunakan kain kassa.

  1. Bawang Putih

Bawang putih menjadi tanaman yang paling mudah ditemukan di dapur karena selalu digunakan dalam membuat masakan sehari-hari. Untuk mengobati bisul, ambil 2 butir bawang putih kemudian haluskan. Kompres area bisul dengan air hangat baru kemudian tempelkan bawang putih yang sudah dihaluskan tersebut. Kandungan antibiotik dari bawang putih akan mempercepat pengempesan bisul.

  1. Daun Sirsak

Jika buah sirsak enak digunakan untuk bahan pembuat minuman segar, ternyata daunnya juga bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional yang menyembuhkan bisul. Daun sirsak juga mengandung antioksidan tinggi yang membantu menyembuhkan bisul. Caranya dengan menumbuk daun sirsak kemudian tempelkan di area bisul.

  1. Kunyit

Selain awang putih, kunyit juga menjadi bumbu dapur yang bermanfaat menyembuhkan bisul. Anda bisa mencampurkan bubuk kunyit dengan segelas air hangat atau segelas susu kemudian diminum secara rutin tiga kali sehari. Atau kunyit diparut bersama jahe kemudian dioleskan ke kulit yang bisulan.

  1. Daun Peterseli

Selain digunakan untuk memasak sop, daun peterseli bisa membantu penyembuhan bisul. Rebus daun peterseli kemudian tiriskan. Selanjutnya tempelkan daun tersebut ke area bisul dan diamkan beberapa saat. Gunakan perban dan plester agar tetap menempel pada kulit tanpa dipegang.

Itulah 6 tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit bisulan. Selain mudah dibuat, obat tradisional juga aman baik untuk dewasa maupun anak-anak. Jika dengan obat tradisional di atas bisul belum juga sembuh atau bahkan muncul gejala lain seperti demam, semakin besar dan terasa sakit, atau sering kambuh, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Semoga bermanfaat.

Reply