Obat Pilek Untuk Bayi Mudah Dan Aman

Kesehatan bayi memang merupakan hal yang sangat penting dan sebaiknya selalu di jaga oleh orang tua. Ketika bayi sedang sakit orang tua harus segera melakukan tindakan yang tepat agar bayi dapat segera sehat. Tidak seperti orang dewasa, bayi yang sakit hanya bisa menangis dan tidak dapat menyampaikan apa yang diinginkan secara langsung. Perasaan tidak nyaman akan sangat menyiksa bayi sehingga akan membuatnya menjadi rewel. Berbeda dengan orang dewasa, ketika tubuh terasa tidak enak akan dapat menyampaikan kebutuhan dan perasaan secara langsung kepada orang lain atau kepada orang tua. Hal semacam ini yang terkadang menjadikan merawat bayi lebih sulit. Salah satu penyakit yang banyak nyerang bayi adalah pilek. Penyakit ini meskipun terkesan sepele namun akan sangat menyiksa bagi sang bayi. Berikut ini ada beberapa hal yang dapat dilakukan sebagai obat pilek untuk bayi.

  1. Memberikan banyak asi

Bayi yang sedang sakit pilek sebaiknya diberi asi yang banyak dan jangan sampai kekurangan. Asi memiliki banyak kandungan nutrisi yang akan membantu bayi meningkatkan system imun sehingga akan lebih sehat dan cepat sembuh dari pilek yang diderita. Kandungan antibody pada air susu ibu sangat efektif untuk menjaga tubuh bayi tetap sehat dan cepat sembuh. Anda bisa memerah asi dan memberikan kepada bayi dengan botol minum khusus bayi apabila ternyata bayi anda tidak mau minum secara langsung.

  1. Menyalakan humidifier di ruangan tidur bayi

Bayi membutuhkan ruangan yang nyaman dengan suhu yang hangat ketika pilek. Salah satu cara agar bayi merasa nyaman saat tidur adalah dengan menggunakan humidifier. Alat ini akan membantu untuk menghangat ruangan. Supaya lebih efektif untuk membantu meringankan pilek pada bayi anda maka dapat memberikan beberapa tetap minyak kayu putih atau minyak telon agar membantu melegakan pernafasan.

  1. Membersihkan lendir di hidung bayi

Hal berikutnya yang tidak kalah penting dilakukan agar pengobatan untuk bayi dapat berhasil dilakukan dengan efektif adalah dengan membersihkan ingus atau lendir di hidung. Cara mengeluarkan lendir bisa dengan menyedotnya langsung menggunakan mulut atau dengan menggunakan alat yang saat ini sudah banyak dijual. Penggunaan alat harus dilakukan secara hati-hati agar tidak membahayakan kesehatan bayi anda. Hidung yang mampet tentu saja akan membuat bayi rewel karena terasa sangat tidak nyaman.

  1. Posisikan kepala bayi agak tinggi saat tidur

Bayi yang sedang pilek sebaiknya posisi kepalanya berada lebih tinggi agar lendir tidak menumpuk di hidung. Posisi kepala bayi juga harus nyaman jangan sampai terlalu tinggi karena jika terlalu tinggi akan membuat leher sakit. Supaya bayi terasa nyaman, anda dapat meletakkan handuk lembut yang hangat dibawah kepala bayi sebagai pengganti bantal.

  1. Melakukan penguapan diruangan

Uap yang hangat di dalam ruangan akan sangat baik untuk membantu mengencerkan dan mengeluarkan lendir. Anda dapat menggunakan alat uap supaya lebih praktis. Uap yang hangat juga akan membantu mengusir udara berdebu. Lakukan penguapan beberapa saat namun jangan sampai terlalu lama atau terlalu panas. Gunakan tissue atau lap yang lembut dan bersih untuk membersihkan lendir.

  1. Memijat dengan menggunakan minyak kelapa

Pijatan yang lembut pada bayi akan menjadikan otot lebih nyaman serta terasa lebih rilex. Anda dapat memijat tubuh bayi dengan menggunakan minyak kelapa. Gunakan oleh minyak kelapa pada bagian punggung dan juga perut. Pijat secara perlahan hingga bayi merasa nyaman. Jangan gunakan minyak kelapa di dekat wajah karena aromanya akan sangat mengganggu penciuman bayi anda.

Obat pilek memang sangat penting namun tidak harus menggunakan bahan kimia. Ibu bisa mengkonsumsi probiotik dan makanan yang sehat agar bayi juga ikut merasakan manfaatnya. Jika ingin anak lekas sembuh maka segera bawa ke dokter maka nantinya akan diberi beberapa jenis obat medis seperti acetaminophen, ibuprofen, dan juga antihistamin yang dikhususkan untuk bayi.

Reply