Makanan Ibu Hamil 6 Bulan Paling Sehat

Tentu tidak mudah bagi seorang ibu mengandung janin selama 9 bulan lamanya, kadang mengalami morning sick, muntah-muntah, mood swing tiba-tiba dan semakin lama semakin banyak masalah yang akan ibu hamil hadapi. Pada masa kehamilan usia 6 bulan janin sudah terbentuk, tinggal penyempurnaan pada organ-organ tubuh janin. Pada usia ini juga janin sudah mulai bisa berinteraksi dengan merespon sesuatu melalui kedipan, tendangan atau menggerakkan tubuh. Nah pada usia ini ibu hamil perlu memperhatikan asupannya untuk menyempurnakan perkembangan janin. Berikut ini makanan ibu hamil 6 bulan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi:

  1. Buah-buahan

Banyak sekali vitamin-vitamin atau kandungan zat yang terdapat pada buah dan dibutuhkan untuk ibu hamil. Buah tersebut diantaranya jeruk yang mengandung asam folat ini mampu membantu pertumbuhan jaringan organ tubuh bayi. Buah lainnya yang bisa membantu mencegah anemia, kaya akan zat besi untuk membentuk otot dan memperkuat tulang adalah buah yang mengandung banyak vitamin C seperti semangka, kurma, apel, pisang dan buah persik. Selain itu juga membutuhkan buah yang kaya vitamin A-nya seperti wortel, papaya, mangga untuk membantu menjaga sistem kekebalan janin, penglihatan janin, dan memperkuat tulang serta gigi bayi. Buah yang memiliki kandungan vitamin B6 seperti melon dan nanas juga penting untuk perkembangan otak bayi dan juga buah dengan kandungan vitamin E yaitu kiwi, delima, raspberry yang bisa sel-sel darah merah ibu sehingga terhindar dari bayi yang kurang berat badannya.

  1. Sayuran

Sayuran juga tidak luput untuk diperhatikan oleh ibu hamil yaitu sayur kubis, sawi, alpukat, brokoli, bayam, kentang, kacang-kacangan, lobak, wortel, jagung manis dan beberapa sayur lainnya yang mengandung beta karoten, vitamin C, asam folat, kalium dan juga serat. Kandungan-kandungan tersebut memberikan manfaat untuk ibu hamil seperti mengatasi sembelit, menjaga tekanan darah, memperkuat otot ibu, dan untuk melawan berbagai virus maupun bakteri yang menyerang.

  1. Susu

Susu juga diperlukan untuk menjaga tulang bayi agar bisa bertumbuh secara sempurna karena susu terkandung kalsium yang sangat tinggi. Namun untuk ibu hamil ini susu yang harus dikonsumsi adalah susu yang memiliki kadar lemaknya rendah.

  1. Air putih

Air putih sangat penting untuk menjaga cairan didalam tubuh tetap terpenuhi, oleh karena itu dibutuhkan 6 sampai 8 gelas dalam sehari minuman yang perlu dikonsumsi agar kebutuhan mineral bayi juga tidak berkurang. Sebenernya tidak harus selalu air putih tetapi jus buah ataupun susu juga bisa membantu memenuhi kebutuhan mineral tubuh.

  1. Makanan yang kaya karbohidrat

Makanan lainnya yang memiliki karbohidrat tinggi seperti roti, nasi, oatmeal, berbagai makanan olahan gandum, pasta dan juga biji-bijian serta madu juga perlu untuk menurunkan risiko cacat pada janin yang lahir, membantu janin agar kuat dari serangan penyakit dan memberikan energy pada bayi.

  1. Makanan dengan protein tinggi

Makanan ibu hamil 6 bulan lainnya yaitu makanan dengan protein yang cukup tinggi seperti telur, yoghurt non lemak, daging non lemak, ikan non lemak, makanan dari kedelai dan juga kacang merah. Makanan tersebut membantu mengurangi risiko bayi lahir prematur maupun keguguran, membantu meningkatkan kecerdasan pada janin, menjaga berat badan bayi, membantu menyeimbangkan hormon dan membantu perkembangan seperti pada rambut, kuku dan organ lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *