Ketahui gejala hamil anggur sebelum terlambat!

Sebagai seorang Ibu pasti sangat bahagia jika mengetahui dirinya telah mengandung dan pastinya tidak sabar menantikan buah hati lahir kedunia. Ibu akan mengandung janin selama kurang lebih 9 bulan lamanya dan itu bukan waktu yang sebentar dan tentunya selama itu tidaklah mudah bagi ibu karena banyak sekali yang harus diperhatikan dan banyak masalah juga yang akan dihadapi. Apalagi kalau usia kandungannya masih tergolong sangat muda yang mana masih rentan gagal. Salah satu kegagalan yang sering terjadi yaitu hamil anggur, sebuah kegagalan kehamilan yang terjadi karena adanya ketidaksempurnaan proses berkembangnya sel telur setelah pembuahan, mengakibatkan tidak terbentuknya janin.

Pada proses ini sel telur dengan plasenta tidak kuat berkembang dan akhirnya akan membentuk seperti gelembung seperti buah anggur putih namun yang ini berisi cairan (seperti kista). Hamil anggur ini biasanya tidak disadari oleh sang ibu, namun perlu diwaspadai yaa bu ibu kalau hamil anggur ini akan membahayakan ibu jika tidak segera di tangani lebih lanjut, bisa menimbulkan banyak penyakit komplikasi lho salah satunya trofoblastik gestasional. Jadi gimana biar terhindar dari masalah tersebut? Ibu harus mengetahui gejala hamil anggur terlebih dahulu. Berikut gejalanya:

  1. Muntah yang berlebihan dan mengalami pendarahan

Gejala yang paling bisa diperkirakan adalah mual dan juga muntah parah. Meskipun ini adalah normal untuk kehamilan pada trisemester pertama namun jika terlalu berlebihan apalagi yang disertai dengan penyakit lainnya seperti demam sudah dipastikan ada sesuatu yang tidak beres terhadap sang ibu. Selain itu Ibu juga akan mengalami pendarahan yang dikarenakan oleh terlalu cepatnya jaringan mola bertumbuh dan berindikasi pada janin yang berhenti berkembang.

  1. HCG terlalu tinggi dari normalnya

HCG yang tinggi lebih dibanding normalnya juga mengindikasi ke hamil anggur karena adanya peningkatan HCG yang disebabkan oleh berkembangnya jaringan trofoblas pada hormone yang dihasilkan ibu. Semakin banyak sel trofoblasnya maka akan semakin tinggi juga HCGnya.

  1. Mengalami morning sick berlebihan sampai lemas dan tidak bisa melakukan aktifitas dikarenakan oleh sel mola tumbuh secara cepat.
  2. Berhenti menstruasi
  3. Merasa sangat kelelahan

Jika ibu merasa tubuhnya seperti sangat lelah, lemas bisa menjadi pertanda hamil anggur. sebaiknya langsung diperiksakan karena kalau tidak, bisa mempercepat perkembangan sel trofobas yang membahayakan ibu.

  1. Perutnya membengkak, terasa sakit dan kelenjar tiroid lebih aktif dari normalnya

Perut dianggap hamil anggur apabila perut membengkak lebih besar daripada jika hamil pada umumnya di umur yang sama dan disertai rasa sakit. Kelenjar teroid juga terpengaruh secara cepat karena adanya dorongan hormone dari perkembangan sel mola. Ciri fisiknya adalah rambut rontok, kulit lebih terlihat bersisik, dan juga terasa nyeri pada payudara.

  1. Mengalami sesak nafas

Sesak nafas pada saat hamil anggur berbeda dengan sesak nafas pada saat hamil karena pada hamil anggur sesak nafas disebabkan oleh tekanan darah ke paru-paru dan menyebar. Hal ini bisa menyebabkan kematian jika tidak segera ditangani.

  1. Panggul terasa berat dan keputihan

Gejala hamil anggur yang selanjutnya adalah terasa kram pada panggul karena adanya perkembangan sel telur pada rahim tidak berjalan normalnya. Kadang hal ini disertai dengan keputihan yang mana apabila mengalami keputihan pada 3 bulan pertama itu menjadi tanda-tanda ketidaknormalan.

Reply