Inilah Krokot Tanaman Liar Yang Menjadi Prioritas WHO Sebagai Tanaman Obat Dunia

Krokot merupakan salah satu tumbuhan yang bisa hidup dimana saja tempatnya. Krokot bisa tumbuh di sela tembok, di lumpur bahkan bisa juga hidup di selokan. Tumbuhan ini mampu hidup dimana saja.

Melihat uraian tersebut berarti ketika sedang sakit sedangkan jauh dari rumah sakit atau klinik maka sementara waktu bisa memanfaatkan krokot sebagai langkah pengobatan awal. Misalnya di desa pedalaman Asia atau Afrika maka tanaman ini sangat cocok sebagai tanaman obat.

Mudahnya tumbuh maka anda bisa dengan mudah mencabutnya kemudian akhirnya bisa digunakan sebagai obat. Dengan demikian tidak heran lagi manakala WHO menetapkan krokot sebagai tanaman obat dunia. Dan kita semua yang tinggal di Indonesia tidak perlu khawatir, pasalnya krokot ini tumbuh liar di Indonesia dengan jumlah yang tidak sedikit.

Ciri Fisik Krokot

Tanaman yang banyak ditemukan ini memiliki beberapa ciri fisik. Ada satu hal yang perlu diingat jika tumbuhan yang memiliki segudang manfaat ini ternyata juga memiliki jenis yang mirip dan jenis yang mirip tersebut beracun.

Tumbuhan krokot yang sudah berumur ini memiliki ciri berwarna merah keunguan serta bentuknya gemuk dan tebal. Selain itu daunnya juga tebal dan berdaging dengan bunga berwarna kuning sulfur.

Daun tanaman krokot adalah jenis daun tunggal dengan warna hijau berbentuk bulat telur. Atau bisa juga berbentuk seperti tetesan air dibagian ujungnya yang tumpul.

Manfaat Krokot

Tanaman yang dikenal diseluruh penjuru dunia ini bukan hanya dapat untuk obat saja, melainkan juga bisa dimakan. Krokot kaya akan kandungan antioksidan serta vitamin bukan hanya itu saja, krokot juga mengandung sejumlah protein yang mampu memberikan asupan energi yang cukup.

Berikut beberapa manfaat krokokt bagi kesehatan yang kerap diabaikan

  1. Memiliki kandungan Omoga 3. Sarat dengan asam lemak omega-W sehingga mampu melindungi tubuh dari penyakit jantung dan stroke
  2. Menurunkan ADHD di anak-anak yang menderita autisme serta masalah perkembangan lainnya
  3. Memiliki kandungan vitamin A cukup banyak dari semua jenis tanaman hijau lainnya sehingga bisa melindungi tubuh dari kanker
  4. Memiliki kalsium serta zat besi yang tinggi, sarat dengan kalsium serta zat besi sangat penting untuk kesehatan tulang
  5. Memiliki kandungan beta carotene, kandungan beta carotenenya enam kali lipat lebih banyak jika dibandingkan dengan wortel
  6. Memiliki kandungan vitamin E, kandungan vitamin E nya enam kali lipat lebih banyak jika dibandingkan dengan bayam
  7. Mengandung sejumlah vitamin C, magnesium, Riboflasvin, pottasium serta fosfor

Kekuatan Biji Pada Krokot

Buah krokot ternyata ada yang berbentuk kotak atau bundar, berwarna hijau serta memiliki biji dengan jumlah cukup banyak. Bijinya yang bulat serta kecil mengkilap dan berwarna hitam ini merupakan sistem perakaran tanaman krokot yang memiliki akar tunggang.

Untuk menanam jenis tanaman liar bermanfaat ini bisa dengan menggunakan benihnya yang mampu bertahan dalam jangka waktu cukup lama. Benih pada tumbuhan krokot ini mampu bertahan hingga 25 tahun

Manakala anda mencoba mengendalikan jumlah krokot dikarenakan banyak anggapan bahwa tanaman ini adalah tanaman gulma, rumput-rumputan atau bahkan tumbuhan hama maka anggapan tersebut sangat salah sekali. Satu hal yang harus diingat jangan pernah melepaskan benihnya.

Jika benihnya lepas dan jatuh ke tanah kemungkinan besar akan bisa tumbuh lagi entah tumbuh sekarang atau dalam jangka beberapa bulan kedepan bahkan juga bisa beberapa tahun kedepan. Dengan demikian jika biji krokot masih sehat di dalam tanah serta belum tumbuh kemungkinan besar akan tumbuh masih sangat besar hingga 25 tahun ke depan.

Reply