Inilah Buah Yang Bagus Untuk Balita

Saat ini banyak anak kelebihan konsumsi kalori. Sebaliknya buah memiliki rasa enak tidak seperti makanan siap saji yang memiliki jumlah lemak cukup banyak.  Buah mengandung n nutrisi yang penting untuk pertumbuhan anak. Buah yang bagus untuk balita sangat banyak sekali jenisnya.  Melon, mangga dan alpukat adalah jenis buah yang memiliki kandungan nutrisi penting serta vitamin yang dibutuhkan oleh anak.

Berikut beberapa buah yang bagus dikonsumsi untuk balita.

Buah Untuk Balita

1. Mangga

Mangga memiliki kandungan vitamin anda sangat baik untuk pertumbuhan anak. Dalam suatu gelas kimia dan mangga terdapat 25 persen asupan vitamin a. Vitamin a merupakan vitamin yang sangat penting sehingga mengonsumsi mangga besar menjaga kulit balita tetap sehat seperti menghindari kulit kering, kulit pecah-pecah dan beberapa permasalahan kulit lainnya.

Selain itu mangga  memiliki banyak enzim pencernaan yang bermanfaat dalam memecah protein dan meningkatkan pencernaan anak. Mangga  bisa membuat perut menjadi tenang dan mencegah risiko gangguan asam dan pencernaan. Bukan hanya itu saja kandungan surat yang tinggi mampu menghindari anak dari resiko sembelit.

2. Apel

Apel merupakan salah satu buah yang baik untuk kesehatan manusia. Nutrisi yang ada pada buah apel bisa membuat anak sehat dalam melakukan beragam aktivitas seperti memanjat melompat bermain serta aktivitas fisik lainnya. Buah apel mampu membantu anak tumbuh dengan baik. Pectin dalam apel adalah serat yang memiliki kandungan cukup bagus. Serat ini dapat larut dalam air serta mampu mestimulasi bakteri dengan baik sehingga pertumbuhan  anak menjadi optimal kerana  bakteri jahat yang berada di usus sudah dihilangkan . Apel juga mampu melindungi anak balita dari beragam penyakit seperti jantung kanker gangguan penglihatan dan penyakit lainnya. Anda cukup perlu menambahkan apel dalam makanan harian anak atau bisa juga memberikan buah setelah makan.

3. Jeruk

Jeruk merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin c yang cukup tinggi.   Jeruk kaya akan serat dan mineral lainnya. Selain itu kulit jeruk memiliki kandungan pektin yang baik. Kandungan  ini merupakan serat serta flavonoid yang dapat larut dan baik untuk mencegah demam. manfaat buah jeruk yang banyak ini membuat anak anda terpenuhi vitaminnya.

4. pepaya

Dibandingkan beberapa buah lainnya pepaya merupakan jenis buah yang rendah kalori serta bebas kolesterol dan banyak dikenal kaya akan sumber vitamin dan mineral. Serat yang tinggi pada pepaya bisa membantu melancarkan buang air besar dan menghindari konstipasi pada anak. Buah papaya  kaya akan vitamin a sehingga bisa membantu penglihatan dan kulit yang sehat. Asam folat dan kandungan vitamin b kompleks dalam buah ini di saat berperan penting proses metabolisme. Supaya menjadi sumber potassium yang dibutuhkan dalam masa pertumbuhan. Papaya juga bisa mengurai  cairan sel dalam tubuh selain itu potassium juga mampu mengontrol tekanan darah serta detak jantung.

5. Lemon

Lemon mirip dengan buah jeruk. Lemon kaya akan vitamin yang mengagumkan. Selain itu lemon kaya akan penting yang bermanfaat untuk tubuh. Berdasarkan penelitian serat pada lemon dapat membantu menurunkan tingkat kolesterol darah. Salah satu hal yang perlu diingat yaitu sebelumnya merawat tubuh dengan baik berkat kandungan air cukup tinggi dalam buah lemon.  setelah makan buah lemon dikarenakan tingkat asam yang tinggi pada lemon dapat merusak enamel gigi.? Jangan sikat gigi segera setelah makan lemon karena sejatinya bisa membuat asam masuk kedalam enamel gigi.

6. Berry

Termasuk stroberi blueberry cherry dan blackberry warna yang lebih gelap pada berry ini mengandung  nutrisi yang banyak. Buah berry memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yaitu vitamin c yang bisa mencegah resiko kanker. Selain itu berry  juga bagus untuk pertumbuhan otak anak dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa beri memiliki manfaat untuk mendukung fungsi kognitif pada tikus dan peneliti juga  sepekulasi hasilnya sama pada manusia. Peneliti juga beranggapan berry  mampu mencegah stress jangka panjang yang tidak diinginkan pada fungsi otak manusia. bukan hanya itu saja beberapa hasil penelitian juga menunjukkan kalo beli mampu meningkatkan fungsi memori.

7. Pir

Selanjutnya yaitu buah pir. Buah ini memiliki variasi warna kuning, nilai nutrisi pada buah pir ini juga berbeda beda tetapi lebih manis dibandingkan lainnya karena kandungan gula alami pada buah pir lebih tinggi.

Pir termasuk buah yang mengandung GL  yang rendah. Hal ini berarti karbohidrat dalam buah pir akan dicerna secara perlahan dan akan memberikan sumber energi bagi anak yang lebih lama. Pir mengandung beragam manfaat untuk tubuh sehingga sangat bagus dalam proses pertumbuhan anak. Manfaat buah pir lainnya yaitu bisa menurunkan tingkat potassium dibandingkan buah lain sehingga ini sangat bagus untuk pertumbuhan anak yang harus mengonsumsi makanan rendah potassium karena masalah ginjal tertentu.?

8. Pisang

Tahukah anda kalau buah pisang merupakan salah satu buah yang kaya karbohidrat sehingga membantu kekuatan pada otot. Anak membutuhkan kandungan karbohidrat pada pisang sebagai sumber energi. Selain itu pisang juga kaya akan di vitamin yang dibutuhkan untuk kesehatan kulit sistem syaraf serta memproduksi energi yang dibutuhkan tubuh. Tidak hanya sampai di situ pisang juga kaya serat vitamin yang akan membantu jantung anak kuat serta sehat. Pisang tidak mengandung lemak .  Pisang  tidak memiliki lemak dan tidak mungkin anak menjadi gemuk karena mengkonsumsi pisang sehingga anda bisa menikmati buah ini tanpa kawatir menjadi gemuk.

Demikian beberapa daftar buah yang bagus untuk balita silahkan ibu diri sendiri mana buah yang paling bagus untuk balita kesayangan anda semua.

Reply