Inilah 5 Manfaat Jahe Yang Wajib Anda Ketahui

Jahe merupakan salah satu tanaman yang bisa dilabeli sebagai superfood karena tidak hanya memberikan rasa khas pada  akan tetapi, jahe juga bisa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Manfaat tersebut tidak hanya digunakan untuk penghangat badan ataupun mengurangi rasa mual akan tetapi ada banyak manfaat lain yang sudah diteliti oleh banyak penelitian terkait dengan jahe. Oleh karena itu, besarnya manfaat yang diberikan oleh jahe tentu kita wajib mengetahui apa sajakah manfaat yang diberikan oleh jahe kepada kita.

Manfaat penting pada  jahe yang wajib diketahui

Berbagai manfaat bisa anda dapatkan dari jahe dimana kebanyakan orang juga belum mengetahuinya. Oleh karena itu, sebagai pengetahuan untuk anda terkait dengan manfaat tanaman satu ini, berikut ini ada 5 manfaat yang bisa kita dapatkan untuk tubuh kita.

  1. Mengurangi nyeri sendi

Manfaat pertama yang bisa anda dapatkan jika mengkonsumsi minuman yang berasal dari jahe adalah mampu mengurangi nyeri pada persendian. Radang sendi atau osteoarthritis sendiri bisa menyerang siapapun dan berdasarkan penelitian, rasa sakit pada persendian akibat osteoarthritis sendiri bisa berkurang apabila anda mengoleskan campuran jahe, cinnamon daan minyak wijen pada persendian dengan teratur.

  1. Mampu menurunkan gula darah pada tubuh

Selain mengurangi rasa nyeri pada sendi, manfaat lain yang bisa kita dapatkan pada jahe ini adalah mampu menurunkan gula darah pada tubuh. Penelitian ini sendiri telah ditemukan sejak tahun 2015 dimana seseorang yang mengkonsumsi 2 gram bubuk jahe per hari mampu mengurangi kadar gula darah sebesar 12 persen. Oleh karena itu, tanaman ini sangat cocok untuk menjaga kebugaran pada tubuh seseorang.

  1. Mengobati stroke

Selain mampu mengobati berbagai masalah pada tulang ataupun persendian, jahe juga mampu mengobati permasalahan pada jantung salah satunya adalah stroke. Stroke ini sendiri terjadi diakibatkan karena kolesterol jahat yang ada didalam tubuh dibiarkan hingga tertimbun sehingga menyebabkan pembuluh darah tersumbat. Hal ini mengakibatkan peredaran darah terganggu sehingga terjadilah stroke. Ramuan untuk mengobati stroke ini bisa dilakukan dengan cara merebus jahe merah dicampur daun mengkudu dan cermai serta pule pendak. Rebuslah dengan air hingga mendidih kemudian dikonsumsi secara rutin.

  1. Sebagai antioksidan

Manfaat selanjutnya adalah jahe mampu menjadi antioksidan pada tubuh untuk mencegah radikal bebas yang akan menyerang tubuh dan merusak sel-sel pada tubuh. Jahe ini sendiri mengandung zat clorogenic acid yang merupakan senyawa antioksidan untuk tubuh. Oleh karena itu, dengan meminumnya secara rutin maka anda bisa terhindar dari serangan berbagai virus yang berbahaya ditubuh anda.

  1. Mencegah penuaan dini

Sedangkan manfaat yang terakhir pada  jahe adalah mampu mencegah penuaan dini. Manfaat ini sendiri tentu banyak digemari oleh wanita yang ingin terlihat cantik sepanjang masa. Oleh karena itu, jika anda ingin terlihat menjadi lebih muda maka anda bisa mengkonsumsi rebusan jahe secara rutin. Zat-zat yang terkandung pada jahe mampu memperlambat proses penuaan dini. Dengan kata lain, anda bisa terlihat lebih muda dan tentunya juga kulit akan terlihat lebih sehat sehingga anda akan terlihat lebih cantik meskipun usia sudah tidak lagi muda.

Demikianlah beberapa manfaat jahe yang bisa anda konsumsi untuk kesehatan anda. Tidak banyak orang yang tahu manfaat besar dari jahe tersebut. Dengan pengolahan yang baik dan konsumsi secara rutin tentu jahe bisa memberikan efek yang bagus untuk tubuh anda. Selain terhindar dari masalah tulang ataupun persendian, jahe juga bisa merawat kulit dengan sangat baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *