Ikan Pemakan Alga Untuk Aquarium

Di aquascape sangat mudah ditumbuhi alga atau lumut.  Jika alga di dalam aquarium terlalu banyak, akan mengganggu pertumbuhan tanaman dan ikan  lainya. Cahaya yang berlebih, bisa membuat pertumbuhan lumut semakin cepat. Lumut bisa menempel pada tanaman, batu, kaca, dan kayu. Untuk mengatasi hal ini, anda membutuhkan ikan yang mampu memakan alga. Ikan ini bisa memakan alga sedikit demi sedikit, sehingga jumlahnya tidak terlalu banyak. berikut ini  beberapa jenis ikan pemakan alga untuk aquarium yang bisa anda gunakan.

Ikan CAE

Ikan CAE atau chinese alga eater merupakan jenis ikan herbivora yang suka memakan lumut atau alga. Ikan ini bisa tumbuh mencapai 28 cm. saat masih kecil hanya makan alga atau lumut saja. setelah dewasa ikan ini akan berhenti untuk makan alga dan mulai mengganggu ikan lain yang berada di dalam akuarium. Jika sudah tumbuh dewasa, anda harus mengeluarkan ikan ini dan diganti dengan ikan yang masih kecil.

Ikan SAE

Ikan siamese algae eater ini  termasuk jenis ikan pemakan lumut yang paling popular. Dari kecil hingga besar ikan ini tetap bisa memakan lumut. Berbeda dengan ikan cae, yang suka mengganggu ikan lain. ikan sae lebih mudah beradaptasi dengan ikan lainnya. selain suka memakan lumut, ikan ini  juga sering mengkonsumsi cacing pipih.

Ikan Oto

Ikan oto atau otocinclus affinis, ukuran tubuhnya kecil hanya sekitar 4 cm. walaupun ukurannya kecil, ikan ini memiliki tenaga yang besar. Dia mampu membersihkan lumut di sekitar akuarium.  Ikan kecil ini juga bisa tumbuh dengan baik dengan ikan lainnya. Tidak akan mengganggu ikan lain di akuarium. Namun sayangnya ikan ini harganya mahal dan sulit didapatkan.

Ikan Corydoras

Ikan corydoras tidak hanya bisa membersihkan lumut di akuarium. Tetapi juga bisa membersihkan sisa makanan di dasar akuarium.  Bentuk ikan ini kecil dengan corak yang unik. Sehingga bisa membuat akuarium anda semakin bagus.  Warna ikan ini bagus sama dengan ikan hias.

Ikan Brushmouth

Ikan brushmouth termasuk jenis ikan pleco atau ikan sapu-sapu. Ikan ini sering digunakan untuk membersihkan alga di akuarium. Terutama jenis alga green spot. Ikan brushmouth juga bisa digunakan sebagai ikan hias. Jenis ikan ini banyak sekali dengan warna yang bermacam-macam. Ada yang berwarna hitam, kuning dan lainnya.

Udang Amano

Selain ikan, anda juga bisa menggunakan udang amano untuk membersihkan lumut di akuarium.  Udang ini memiliki nama japonica amano shrimp. Nafsu makan udang ini sangat tinggi, bisa membersihkan alga dengan mudah. Dia juga bisa membersihkan sisa makanan yang di makan oleh ikan lainya. Jika memasukan udang ini di dalam aquascape akan membuat aquascape tetap indah dan bersih.

Keong Tanduk

Banyak dari kita berpikir  kalau keong hanya sebagai hama pengganggu. Tapi ternyata keong juga bisa membersihkan lumut di akuarium. Jenis keong tanduk termasuk jenis keong yang paling efektif membersihkan lumut. Bentuknya juga bagus dengan warna kuing hitam dan dibagian depannya terdapat tanduk. Tanduk inilah yang membedakan keong ini dengan jenis keong lainnya.

Keong Turbo

Selain keong tanduk, anda bisa menggunakan keong turbo  untuk membersihkan lumut atau alga di akuarium. Keong turbo memiliki motif yang abgus. Dengan warna kuning hitam yang saling bersebelahan.  Akan membuat aquascape anda tetap bagus. Tinggal diletakan di daun, batu atau dasar  akuarium.

Ikan  Molly

Ikan molly termasuk ikan hias yang sangat mudah dipelihara. Ikan ini juga bisa ditemukan di pasaran dengan mudah. Termasuk jenis ikan omnivora atau pemakan segalanya. Termasuk memakan  alga di dalam akuarium.ikan ini juga bisa membersihkan lendir yang terdapat di kayu. Sehingga akuarium anda semakin bersih dan indah. Ukurannya kecil hanya sekitar 12 cm saja. jenis ikan molly banyak sekali, dengan warna yang berbeda-beda.

Selain hewan air diatas, masih banyak ikan yang bisa digunakan untuk membersihkan alga atau lumut di akuarium. Seperti ikan platy, udang red cherry dan masih banyak lainnya. tambahkan ikan pembersih alga di akurium anda supaya akuarium tetap bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *