Langkah Mudah Flash Xiaomi Redmi Note 4X Menggunakan Miflash

Xiaomi Redmi note X merupakan salah satu jenis smartphone terbaru keluaran Xiaomi. Ponsel canggih ini baru saja dirilis tepat pada pertengahan bulan Februari tahun 2017 lalu. Ponsel canggih yang beredar di Indonesia ini menggunakan garansi distributor, bukan menggunakan garansi resmi. Akan tetapi dalam waktu sesegera mungkin ponsel canggih ini akan segera dirilis resmi di Indonesia.

Cara memindahkan ROM Redmi Note 4X Snapdragon ini wajib menggunakan MiFlash. Kecuali manakala Xiaomi Redmi Note 4 X sudah kamu Unlock Bootloader serta sudah ada TWRP nya. Cara flash kali ini dapat kamu gunakan manakala perangkat kamu mengalami bootlop. Stuck logo atau tidak menyala.

Syarat melakukan Flash Mi Note 4X

Terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebelum melakukan flash Xiaomi Note 4X. Syarat tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Resiko gagal akan ditanggung sendiri
  2. Gunakan Windows 64 bit. Jika kamu menggunakan windows 32bit, kamu bisa menggunakan MiFlash Beta, tetapi mimin lebih merekomendasikan 64bit.
  3. Lakukan pemindahan data terlebih dahulu. Pasalnya proses flash ini akan menghapus beberapa data internal seperti foto, musik dan data penting lainnya. Untuk itu maka lakukan backup data terlebih dahulu agar data tidak hilang.

Bahan Untuk Flash

Sebelum melakukan flash terdapat beberapa bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu. Bahan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Download MiFlash 64Bit atau MiFlash 32bit
  2. Download MIFlash 64Bit atau MIFlash 32bit .Pilih Versi MiFlash sesuai dengan type windows yang kamu digunakan. Jangan gunakan versi 64 bit pada Windows 32bit. Tetapi versi 32Bit bisa digunakan pada Windows 64 bit.
  3. Download MI PC Suite
  4. Silahkan Download MiPC Suite, fungsi dari MiPC adalah sebagai driver HP Xiaomi Redmi Note 4X kamu.
  5. Download ROM Fastboot Redmi Note 4X
  6. ROM Fastboot yang akan digunakan ini berekstensi .TGZ bukan .ZIP. Tetapi, jika kamu download menggunakan IDM. Maka Extensinya akan menjadi .TAR. Silahkan kamu ubah extensinya ketika sudah selesai download. Dengan cara Klik kanan File ROM tersebut, kemudian pilih Rename > dan ubah .Tar menjadi .TGZ.
  7. Kabel USB – Kabel USB yang digunakan bisa kabel USB original namun juga bisa kabel USB jenis lainnya, lebih baik jika menggunakan kabel USB jenis original.
  1. Disable Driver Signature Enforcement – Bahan yang terakhir ini wajib ada manakala menggunakan jenis windows 64 bit. Namun jika hanya menggunakan jenis windows 32 bit tidak perlu menggunakan bahan ini.

Langkah Melakukan Flash

  1. Yang pertama pastikan disable driver signature enforcement jika kamu menggunakan windows 64 bit. Setelah di disable, restart PC kamu. Instal Mi PC suite dan MiFlash terbaru yang sudah kamu download tadi.
  2. Extract ROM Fastboot tadi. Adapun langkahnya bisa dengan Klik kanan > Extract Here. Jika tidak ada pilihan Extract here, kamu harus menginstal Winrar atau zip terlebih dahulu. Setelah Extract selesai. Pindahkan Hasil extract nya ke Drive C.
  3. Nyalakan USB Debugging Xiaomi kamu.
  4. Pada HP Xiaomi kamu, silahkan masuk ke Download Mode atau EDL Mode langkah Melakukan Flash
  5. Jalankan MiFlash yang sudah kamu pasang tadi. Lanjutkan tekan Browser dan arahkan ke ROM Fastboot yang sudah kamu extract tadi. Kemudian Pilih hingga  ke Folder Images.
  6. Sambungkan HP dan PC menggunakan Kabel USB. dan kemudian tekan refresh pada MiFlash. Jika muncul tulisan COMXX (Note : XX adalah angka, bisa 1 angka bisa 2 angka) berarti kamu siap untuk proses flashing. Tapi jika tidak, berarti kamu HP Xiaomi kamu tidak dalam Download mode atau EDL mode.
  7. Di bagian Bawah Miflash, tekan Flash All atau Clear All. Proses ini akan menghapus Internal HP Xiaomi yang kamu gunakan.
  8. Kemudian tekan Flash pada MiFlash. Silahkan proses Flashing. Mungkin akan memakan waktu 3 – 10 menit.
  9. Jika proses sudah selesai, tulisannya kira kira seperti ini Flash Success atau Flash Successfully
  10. Cabut USB, dan nyalakan HP Xiaomi kamu dengan menekan tombol power agak lama.
  11. Proses menghidupkan HP Xiaomi kamu mungkin akan agak lama. Hal ini dikarenakan biasa lagi.

Demikianlah cara flash Xiaomi Redmi Note 4X, bagaimana mudah bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *