Fakta Menarik Tentang Blobfish, Si Ikan Buruk Rupa di Dunia

Pernahkah anda mendengar nama Blobfish sebelumnya? Memang, ikan yang satu ini kurang dikenal oleh awam. Selain namanya yang kurang familiar, Blobfish juga dianggap sebagai ikan yang buruk rupa karena memiliki tampilan fisik yang cenderung menyeramkan. Bahkan, karena saking jeleknya tampilan fisik dari ikan ini, bisa dilihat jika Blobfish tampak tidak seperti ikan pada umumnya.

Namun, meskipun Blobfish memiliki bentuk fisik yang bisa dikatakan jelek, ikan satu ini tetap menyimpan cukup banyak misteri. Bahkan, dalam dunia sains, belum banyak ahli yang berhasil memahami detail ikan ini. Nah, adapun beberapa fakta menarik dari Blobfish adalah sebagai berikut:

Dipopulerkan Oleh Mr. Blobby

Ikan Blobfish menjadi populer setelah kemunculan Mr. Blobby. Mr. Blobby tentu saja bukan nama orang, namun ia merupakan jenis ikan Blobfish yang ditemukan di Selandia Baru pada tahun 2003 yang lalu. Para ilmuwan yang tergabung dalam tim ekspedisi NORFANZ merasa tertarik dengan ikan yang satu ini. Pasalnya, Blobfish tinggal di kedalaman lebih dari 1 km. Perlu perjuangan ekstra untuk bisa menangkap Blobfish di habitat aslinya tersebut.

Blobfish Adalah Hewan Paling Jelek di Dunia

Sebuah komunitas yang bernama Ugly Animal Preservation Society melakukan voting online pada tahun 2003 terkait ikon baru untuk mereka. Ikon baru tersebut haruslah merupakan hewan yang paling jelek. Dari sekitar 3,000 responden yang mengikuti voting, sekitar 800 orang memilih Blobfish dan membuatnya menjadi pemenang dalam kontes yang dilakukan tersebut.

Di Habitat Aslinya, Blobfish Tidak Terlalu Jelek

Blobfish yang kita lihat dengan sumber gambar dari internet memang terlihat cukup jelek dan cukup mengerikan. Namun, di habitat aslinya, sebenarnya ikan ini bisa dikatakan lebih mendingan atau tidak terlalu jelek. Habitat dari Blobfish adalah sekitar 600 meter hingga 1,2 kilometer di bawah kedalaman air laut. Tentu, ini adalah kedalaman yang cukup dalam untuk sebuah ikan.

Nah, karena habitat aslinya yang terlalu dalam ini, ikan Blobfish akan menyesuaikan diri ketika diangkat ke darat. Ketika di darat, Blobfish akan mengalami kendor pada bagian otot. Otot yang berubah tersebut juga mengubah tampilan fisik Blobfish menjadi lebih jelek dan bahkan menyeramkan.

Tidak Memiliki Gelembung Renang

Fakta unik lain dari Blobfish adalah bahwa ikan ini ternyata tidak memiliki gelembung renang. Pada dasarnya, ikan memang memiliki gelembung renang yang bernama Swim Bladder. Ini adalah organ yang bisa membuat ikan bisa berenang dan bermanuver tanpa pernah tenggelam. Namun, Blobfish tidak memiliki organ ini. Kenapa demikian?

Menurut penelitian, organ tersebut tidak bisa bertahan lama di habitat yang terlalu dalam. Organ tersebut akan meledak dan berbahaya bagi ikan. Oleh karena itu, seiring dengan habitatnya yang berada di lautan dalam, Blobfish tidak memiliki gelembung renang. Namun, Blobfish mengandalkan dagingnya yang bertekstur untuk memampatkan udara sehingga ia bisa terus berenang dan melakukan manuver tanpa terjadi kendala apapun.

Bukan Hewan yang Aktif

Blobfish bisa disebut sebagai hewan yang cukup malas. Dalam keseharian nya, ia hanya melakukan gerakan kecil dan tidak cukup sering mencari makan. Namun, meskipun demikian, Blobfish memiliki kemampuan bertahan yang cukup kuat untuk tetap hidup meskipun tanpa makanan sekalipun.

Beberapa fakta menarik terkait Blobfish ini akan membuat kita mengenal ikan yang buruk rupa tersebut. Namun, tentu saja, meskipun buruk rupa, Blobfish merupakan hewan yang sebaiknya dilestarikan karena termasuk hewan yang cenderung langka.

Reply