Cara Mudah Dan Praktis Dalam Budidaya Burung Dara Pedaging

Burung dara merupakan salah satu jenis satwa yang familiar bagi umat manusia. Jenis hewan bersayap ini banyak dipelihara oleh penduduk bumi. Mereka memelihara burung ini dengan berbagai macam tujuan. Ada yang digunakan untuk perlombaan, hobi dan lain sebagainya. Selain itu, memelihara burung dara atau merpati ini juga bisa mendatangkan keuntungan secara materi. Maksud keuntungan secara materi yaitu satwa bernama burung dara bisa diperjualbelikan secara bebas. Maka karena itulah, membudidayakan burung dara menjadi sebuah pilihan untuk sarana menghasilkan rupiah. Akan tetapi, agar proses budidaya burung dara berhasil, seorang peternak perlu mengetahui mengenai teknik atau caranya. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai cara budidaya burung dara pedaging dengan mudah.

Memelihara burung dara atau merpati memang menjadi sebuah aktifitas yang menyenangkan. Dikatakan menyenangkan karena kegiatan ini bisa menjadi sebuah hiburan di tengah padatnya aktifitas harian. Selain sebagai kegiatan yang menghibur, ternyata membudidayakan burung dara juga memberikan keuntungan tersendiri bagi pelakunya. Keuntungan tersebut berupa uang hasil dari penjualan unggas tersebut.

Cara Membudidayakan Tipe Burung Dara Pedaging Dengan Mudah

Seseorang yang memilihara burung dara memilih berbagai macam tujuan. Salah satu tujuan dalam memelihara satwa cantik ini adalah untuk diambil dagingnya. Dalam sebuah daging burung dara terdapat berbagai macam kandungan zat yang begitu penting oleh tubuh. Maka dari itulah, banyak orang yang mengkonsumsi daging burung dara.

Selain karena mengandung banyak zat gizi, daging burung merpati juga mampu menyembuhkan penyakit tertentu. Adapun penyakit yang dapat disembuhkan dengan hidangan daging burung dara adalah gangguan asma. Oleh sebab itulah hidangan tersebut sangat direkomendasikan bagi para penderita gangguan pernapasan bernama asma.

Bagi anda yang tertarik untuk membudidayakan burung dara, maka perlu mengetahui caranya. Berikut terdapat cara memelihara atau membudidayakan burung dara pedaging atau potong yang benar.

  1. Pemilihan indukan burung dara potong

Proses pemilihan indukan menjadi bagian yang penting. Indukan burung dara potong atau pedaging bagus akan menghasilkan keturunan yang bagus pula. Berikut ini ciri indukan yang bagus.

     Memiliki ukuran badan atau tubuh besar.

     Memilih burung dara lokal dengan dada besar dan dagingnya tebal.

     Memilih burung dara yang telah berpasangan. langkah ini perlu dilakukan agar lebih mudah menghasilkan keturunan.

     Pilihlah jenis indukan burung dara pedaging yang lincah dan sehat.

  1. Media untuk Budidaya Burung Dara tipe pedaging

Apabila pemilihan indukan telah selesai dilakukan, maka tahapan berikutnya mengatur media untuk budidayanya. Untuk media perkembangbiakan satwa ini pun tidak sulit. Berikut ini berbagai persiapan media untuk budidaya burung dara yang tepat.

     Persiapkan dahulu kandang untuk burung dara.

     Setelah itu, pilihlah lokasi untuk membuat sarang atau kandang burung dara. Perlu diperhatikan, dalam pemilihan lokasi harus mendapatkan suplai cahaya matahari yang sesuai.

     Gunakanlah kayu, kawat, besi, triplek dan terpal guna membuat sarangnya.

     Buatlah rumah – rumahan untuk burung dara dengan ukuran 60cm x 40cm x 50cm.

     Tambahkan pula tempat makan dan minum. Jangan lupa untuk membuat sarang buatan sebagai lokasi bertelur.

     Jika semua media untuk budidaya telah siap, segera masukan pasangan burung dara dalam kandang.

  1. Melakukan perawatan burung dara tipe pedaging atau potong

Setelah pasangan burung dara dimasukkan dalam kandang, maka langkah berikutnya tinggal melakukan perawatan. Proses ini harus dilakukan oleh setiap peternak agar hasil dari budidaya burung dara pedaging memuaskan. Di bawah ini jenis perawatan untuk burung dara potong.

     Berikan makanan favorit burung dara, seperti jagung, padi, kacang tanah, kacang hijau dan lain – lain.

     Tambahkan juga pelet agar pertumbuhan burung lebih bagus.

     Biarkan burung dara terbang secara bebas di kandang yang anda buat.

     Jagalah kebersihan kandang dan juga kesehatan burung dara.

Reply