Cara Budidaya Kutu Air Yang Menguntungkan

Jika mendengar sebutan kutu, sudah pasti yang terpikirkan adalah hewan yang merupakan binatang parasit. Namun anda mungkin belum tau mengenai kutu air. Untuk kutu yang satu ini memang dikenal sebagai hewan yang cukup mengganggu. Bahkan menjadi penyebab dari beberapa masalah kulit. Namun di jaman yang semakin modern ini, kutu air justru menjadi hewan yang dibudidayakan. Hal ini dikarenakan ada sebagian orang yang berkepentingan untuk membutuhkan kutu air ini. Seperti untuk makanan ikan misalnya. Dalam hal ini, jika anda ingin mengetahui bagaimana cara budidaya kutu air bisa menyimak ulasan berikut ini.

Budidaya kutu air memang terdengar sedikit aneh. Namun hewan jenis ini memang menjadi salah satu makanan yang dibutuhkan oleh ikan yang biasanya dikenal dengan sebutan burayak. Makanan alami ini lah yang kemudian menjadi alasan banyak orang mulai membudidayakan kutu air. Apalagi budidayanya yang terbilang cukup mudah. Anda juga tidak perlu mengeluarkan uang untuk membudidayakan jenis binatang yang satu ini. Bagi anda yang berencana untuk budidaya kutu air ini. Maka harus menyimak beberapa langkah dibawah ini mengenai bagaimana cara untuk membudidayakan kutu air. Lebih jelasnya bisa disimak pada penjelasan berikut ini.

Begini Beberapa Langkah Cara Budidaya Kutu Air

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan jika anda ingin membudidayakan kutu air. Untuk cara budidayanya pun sebenarnya mudah. Sehingga tidak perlu khawatir gagal membudidayakannya seperti beberapa jenis binatang pada umumnya yang ditemukan sangat sulit pembudidayaannya. Nah, dalam hal ini ada beberapa langkah mudah yang harus dilakukan ketika akan membudidayakan kutu air. Beberapa langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Cari Bibit

Langkah yang pertama untuk cara budidaya kutu air ini adalah mencari bibitnya terlebih dahulu. Bibitnya bisa didapatkan dari membeli. Namun anda juga bisa mencarinya sendiri. Anda bisa dengan mudah menemukan bibitnya di tempat-tempat seperti got, selokan atau genangan air. Anda juga bisa membuatnya dengan cara menggunakan bahan sayur yang mulai membusuk.

  1. Siapkan Wadah

Langkah berikutnya adalah menyiapkan wadah untuk membudidayakan kutu air ini. Cari wadah yang bisa untuk menampung air. Namun perhatikan juga bahwa wadah yang digunakan harus cukup lebar dan tidak terlalu tinggi. Hal ini karena kutu air membutuhkan wadah yang luas untuk bisa hidup. Dengan wadah yang memadai untuk pembudidayaan, maka ini akan membuat kutu air berkembang dengan baik.

  1. Siapkan Bibit Kutu Air

Selanjutnya adalah menyiapkan bibit kutu airnya terlebih dahulu. Sayuran yang sudah mulai busuk bisa menjadi media untuk mendatangkan bibit dari kutu air ini. Anda juga akan lebih mudah untuk mendapatkan sayur yang mulai busuk ini. Sehingga bukan persoalan yang sulit untuk mendapatkan bibit kutu air itu sendiri. Anda juga tidak perlu mengeluarkan uang hanya untuk mencari bibit kutu air.

  1. Air

Langkah yang terakhir untuk membudidayakan kutu air ini adalah jangan lupa untuk menyiapkan air. Jika sudah siap wadahnya, maka wadah untuk pembudidayaan kutu tersebut harus diisi dengan air.Untuk perkembangbiakan yang sempurna, wadah tersebut sebaiknya tidak terkena sinar matahari. Selain itu wadah tersebut juga bisa dibiarkan terbuka atau tertutup. Hanya saja jika dibiarkan terbuka, maka kemungkinan akan menjadi sarang bagi nyamuk.

Itulah beberapa langkah cara budidaya kutu air dengan mudah. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa bahan yang diperlukan. Terlebih lagi kutu air ini merupakan jenis hewan yang mudah untuk dibudidayakan. Anda juga tidak perlu mengeluarkan uang untuk bisa membudidayakannya. Semoga ulasan diatas dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi anda. Terutama untuk anda yang membutuhkan kutu air sebagai pakan alami untuk ikan.

Reply