Cara Budidaya Ikan Neon Tetra

Untuk anda pecinta ikan hias tentu saja anda tidak akan asing dengan yang namanya ikan neon tetra. Spesies yang satu ini memiliki nama latin Paracheirodon Innesi. Banyak pecinta ikan hias yang menjadikannya sebagai primadona. Hal ini dikarenakan ikan neon memiliki bentuk yang kecil dan unik dengan ciri khas terdapat sisik yang terlihat menyala saat berada dalam kegelapan. Ciri inilah yang membuat ikan neon memiliki khas yang sangat mengagumkan jika dibandingkan dengan jenis ikan hias pada umumnya. Untuk lingkungan hidupnya, ikan ini merupakan jenis ikan air tawar yang hidupnya menggerombol atau yang disebut dengan cardinal fish. Dan asal usul ikan ini dari Amerika, peru, kolombia dan brazil. Untuk anda yang ingin tahu lebih jelas tentang bagaimana cara budidaya ikan neon tetra ini maka langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

Budidaya Ikan Neon Tetra

  1. Memilih Jenis Indukan

Langkah budidaya ikan neon tetra yang pertama yaitu dengan memilih jenis indukan ikan neon tetra ini. Disini anda dapat memilih indukan yang usianya sekitar 6-7 bulan. Pilihlah ikan yang berukuran panjang yaitu dengan tubuh 3-4 cm. kemudian untuk indukannya yaitu yang betina pilihlah yang bentuk perutnya buncit kemudian transparan supaya nantinya bisa melihat bakal telurnya. Sebab perut buncit induk betina biasanya menyimpan sel telur yang nantinya siap untuk di buahi. Kemudian pilihlah yang mempunyai garis berwarna biru dengan bentuk melengkung. Dan untuk sikapnya, pilihlah yang tidak terlalu gesit atau lebih kalem dari indukan jantan. Selanjutnya untuk indukannya yang jantan maka pilihlah ikan yang tubuhnya lebih ramping. Kemudian pilihlah yang memiliki warna sisik lebih terang yang juga terdapat garis berwarna biru dengan bentuk lurus. Untuk ukurannya carilah yang lebih panjang dari induk betina. Dan untuk sikapnya carilah yang lebih gesit dari induk betina.

  1. Wadah Pemijahan

Langkah budidaya ikan neon tetra yang kedua yaitu menyediakan wadah untuk proses pemijahan. Ikan jenis ini biasanya suka hidup di air yang memiliki kadar asam dengan ukuran 6 ph dan di sarankan agar tidak lebih dari 7 ph. Jika sudah maka buatlah suhu air dengan kisaran 20 – 24 c. hal ini dikarenakan ikan neon lebih suka berada di air yang kondisinya dingin. Kemudian anda dapat menyediakan tanaman air seperti rumput air, teratai serta enceng gondok. Setelah itu anda dapat memberikan antibiotic ke dalam air supaya aquarium terbebas dari kusam. Disarankan untuk mengisi air aquariaum dengan menggunakan air hujan. Sebab air hujan mempunyai kadar ph yang sangat pas untuk tumbuh kembang ikan neon tetra.

  1. Pemijahan

Langkah budidaya ikan hias neon tetra yang ketiga adalah proses pemijahan. Jika sebelumnya sudah di sediakan wadah untuk proses pemijahan. Maka kali ini anda dapat memisahkan bagian induk ikan neon tetra terlebih dulu. Setelah itu anda dapat menutupnya dengan menggunakan kain berwarna hitam supaya lebih terlihat gelap. Setelah itu nantinya ikan akan melakukan proses pijah dalam waktu 3 jam di setiap malah hari. Ketika telur sudah keluar maka anda dapat memindahkan bagian induknya pada wadah lain supaya nantinya telur yang sudah di keluarkan tidak dimakan oleh induk. Jika ternyata telur yang di buahi gagal maka tandanya berwarna putih susu atau mengambang di atas permukaan air. Dan telur ikan neon ini nantinya akan menetas dalam 24 hari. Jika sudah menetas maka anda dapat membesarkan ikan neon tetra seperti pada umumnya. Dan itulah beberapa informasi yang dapat anda ketahui dari ikan neon tetra tersebut.

Reply