Bolehkah Ibu Hamil Makan Daging Kambing

Ibu yang sedang hamil perlu untuk mengetahui apa saja yang bisa dikonsumsi dan makanan apa saja yang sebaiknya dihindari. Ada banyak sekali jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Dengan mengetahui jenis makanan yang baik dikonsumsi nantinya ibu dan janin akan selalu sehat. Namun jika sembarangan dalam mengkonsumsi makanan, akan sangat dikhawatirkan jika ternyata ada hal buruk yang mengganggu kesehatan ibu dan janin. Banyak orang hamil yang merasa khawatir dan takut untuk mengkonsumsi makanan tertentu karena takut akan efek yang bisa ditimbulkan. Apabila anda mengetahui informasi mengenai makanan tertentu nantinya anda tidak akan merasa khawatir saat akan mengkonsumsinya. Salah satu jenis makanan yang terkadang membuat ibu hamil merasa takut untuk memakannya adalah daging kambing. Anda mungkin saja ragu dan memiliki pertanyaan mengenai bolehkah ibu hamil makan daging kambing.

 

Pertanyaan semacam ini sangat wajar ada didalam pikiran ibu hamil. Anda akan mengetahui keterangan mengenai bolehkan ibu hamil makan daging kambing. Jika anda ingin mengkonsumsi daging ketika hamil sebenarnya tidak ada masalah karena daging kambing aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun akan ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Daging kambing apabila dikonsumsi dalam takaran atau jumlah yang tepat maka tidak ada masalah untuk mengkonsumsi daging kambing. Namun jika anda mengkonsumsi daging kambing secara berlebihan, resiko masalah kesehatan seperti kolesterol, darah tinggi, sembelit dan yang lainnya bisa semakin besar. Jika ingin mengkonsumsi daging kambing, beberapa tips berikut ini akan sangat baik untuk anda ikuti.

  1. Pilih daging berkualitas

Hal pertama yang harus diperhatikan jika anda akan mengkonsumsi daging kambing ketika hamil adalah memilih daging dengan kualitas yang bagus. Anda tentu sudah mengetahui bagaimana kualitas dari daging kambing yang masih bagus. Kriteria daging kambing yang berkualitas bisa dilihat dari warna, bau, tekstur dan juga kadar airnya. Jika keempat hal tersebut ada pada daging yang anda beli maka itu artinya anda bisa memasaknya untuk kemudian dikonsumsi.

  1. Masak daging hingga matang

Tips selanjutnya yang perlu untuk diperhatikan adalah anda perlu untuk memperhatikan cara memasak. Anda bisa mengkonsumsi daging kambing yang dimasak secara matang sempurna. Hal ini bertujuan agar tidak akan parasit yang masih hidup di dalam daging. Selain itu, kuman dan bakteri yang ada pada daging juga akan mati secara sempurna. Kematangan daging dapat dipengaruhi lama waktu memasak dan juga bagaimana tehnik pemotongan daging. Supaya daging benar-benar matang secara sempurna, anda perlu untuk memotong daging dalam ukuran yang tepat. Jangan sampai memasak daging dalam potongan besar sehingga daging bagian dalam belum matang dengan baik.

  1. Jangan memasak dengan cara dibakar

Tips yang lainnya agar anda tetap bisa mengkonsumsi daging kambing adalah dengan memasak daging menggunakan cara yang benar. Daging kambing sebaiknya jangan dimasak menjadi sate atau dibakar karena bisa menyebabkan gangguan kehamilan. Ketika daging dibakar, kandungan karsinogen pada daging kambing akan sangat banyak. Hal inilah yang harus anda hindari dan waspadai. Semakin anda cerdas dalam mengolah daging tentu saja akan semakin aman daging untuk ibu hamil.

  1. Gunakan bumbu rempah alami dan hindari msg

Memasak daging kambing sebaiknya juga jangan diberi tambahan msg. Kandungan msg diketahui kurang baik untuk kesehatan. Anda bisa mengkonsumsi daging kambing dengan porsi kecil saja agar tidak mengalami efek buruk seperti yang telah disebutkan. Saat mengkonsumsi daging juga harus disertai dengan lalapan seperti tomat, kubis, timun atau yang lainnya agar bisa membantu mengurangi efek negatif. Mengkonsumsi daging kambing ketika anemi akan sangat baik dilakukan oleh ibu hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *