Beberapa Kuliner Nusantara yang Enak dan Lezat

Sudah bukan rahasia lagi jika negara Indonesia menyimpan beragam tempat wisata dengan destinasi terbaiknya. Keberadaan tempat wisata ini menjadikan negara Indonesia menjadi sorotan publik baik di negara sendiri maupun di luar negeri.

Akan tetapi dibalik banyaknya tempat wisata yang ada, Indonesia ternyata menyimpan beragam makanan nusantara yang sangat sayang jika dilewatkan. Banyak sekali makanan dari Indonesia yang bisa dipilih dan siap memanjakan lidah kamu semua.

Pada uraian kali ini kami akan membahas mengenai daftar kuliner nusantara yang tentunya bisa dijadikan sebagai referensi pecinta kuliner nusantara.

Daftar Kuliner Nusantara yang Enak dan Lezat

  1. Mie Bangka

Mie Bangka merupakan makanan dari Indonesia cukup terkenal hampir diseluruh penjuru nusantara. Makanan yang berasal dari Pulau Bangka ini memiliki cita rasa yang enak. Mie Bangka merupakan mie kuning basah yang sudah dicampurkan dengan kuah berbumbu dengan cita rasa yang lezat.

Kuah cumi, udang, kepiting atau ikan merupakan beberapa jenis kuah yang banyak digunakan. Ketika penyajiannya mie Bangka ini ditambahkan dengan kecambah, kerupuk serta mentimun. Bagi yang suka pedas maka bisa menambahkan sambal sesuai selera.

  1. Bandeng Presto

Bandeng presto merupakan makanan khas Indonesia yang berasal dari Semarang. Bandeng presto ini merupakan olahan dari ikan yang dimasak dengan menggunakan presto, yaitu sebuah panci dengan tekanan tinggi sehingga menjadikan bandeng menjadi lunak dagingnya bahwa duri dari ikannya.

Dengan demikian maka tidak usah khawatir manakala menyantapnya. Bandeng presto akan sangat nikmat dihidangkan bersamaan dengan nasi hangat serta sambal terasi.

  1. Sop Buntut

Sop buntut merupakan makanan dengan menggunakan daging sapi yang dimasak dengan cara dibakar. Manakala daging selesai dibakar maka sop kemudian dicampurkan dengan bumbu khusus. Sop buntut ini sangat cocok saat dihidangkan bersama dengan nasi putih, jeruk nipis, sambal serta sedikit acar.

  1. Siomay

Siomay bisa dibuat dengan menggunakan beberapa daging seperti ayam, kepiting, udang, ikan tengiri serta beberapa daging lainnya. Tepung tapioka dicampur dengan beberapa bahan kemudian ditambahkan dengan trpung kulit serta tepung terigu kemudian siomay akan siap dikukus.

Siomay kerap dihidangkan bersama dengan saus kacang atau bumbu kacang yang dibuat dengan menggunakan beberapa bawang putih, gula pasir, cabai , cuka serta gambar.

  1. Sambal Terasi

Nama sambal terasi ini memang sudah terkenal diberagam daerah di Indonesia karena memang sambal terasi menghadirkan cita rasa lezat serta pedas. Memang sih sambal ini hanya digunakan untuk melengkapi makanan saja. Akan tetapi akan sangat kurang jika makan pedas tanpa ditambahkan sambal terasi.

Karena terkenalnya maka tidak heran banyak rumah makan yang menyajikan sambel terasi. Sambal terasi sangat pas dihidangkan dengan beragam jenis lauk seperti tempe goreng, ikan goreng, ayam goreng dan beberapa jenis lalapan lainnya.

  1. Gohu Ikan

Makanan ini memang sudah tidak asing lagi bagi pecinta makanan dengan bahan dasar ikan. Gohu ikan merupakan makanan yang cukup terkenal hingga penjuru nusantara. Gohu ikan juga bisa disebut dengan Sashiminya Indonesia.

Gohu ikan merupakan makanan khas dari Ternate yang dibuat dengan menggunakan ika tuna mentah sebagai bahan dasarnya yang kemudian daging tuna tersebut dipotong berukuran kecil-kecil dan ditambahkan dengan perasaan lemon serta jangan lupa ditambahkan sedikit garam untuk mendapatkan rasa asin.

Itulah beberapa kuliner nusantara yang bisa anda nikmati dan dijadikan sebagai referensi. Bagaimana mantap bukan?

Reply