6 Jenis Obat Tradisional Sinusitas yang Mudah Dibuat

Sinusitis merupakan salah satu jenis penyakit pada gangguan saluran pernapasan yang bisa menyebabkan peradangan pada saluran sinus. Penyakit sinusitis bisa menyebabkan saluran pernafasan tersumbat dalam jangka waktu yang lama. Penyakit ini disebabkan adanya bakteri yang tumbuh serta berkembang pada daerah hidung yang lembab sehingga bisa menyebabkan infeksi.

Penyakit sinusitis ditandai oleh beberapa gejala diantaranya batuk, alergi, sakit kepala serta beberapa gejala lainnya. Pengobatan penyakit sinusitis ini bisa dilakukan secara medis yaitu melalui operasi namun juga bisa dilakukan dengan cara tradisional yaitu menggunakan obat-obatan alami.

Obat Sinusitas yang Bisa Anda Temukan Dirumah

  1. Jahe

Sudah bukan rahasia lagi jika jahe kerap digunakan sebagai minuman sehat yang memiliki efek hangat untuk tubuh. Nah dibalik manfaat menghangatkan tubuh tersebut, ternyata jahe juga bisa meringankan gejala penyakit sinusitis berkat bantuan antiradang alaminya sehingga mampu memperbaiki pembengkakan yang ada di daerah hidung. Hasil penelitian menunjukkan jika jahe memiliki peran dalam mengobati sinusitis dengan cara kerjanya menekan jumlah lender serta meringankan gejala pusing kepala anda.

  1. Bawang Putih

Bahan yang kerap kita jumpai di dapur ini ternyata memiliki manfaat dalam mengatasi penyakit sinusitis. Bawang putih bukan hanya berfungsi meredakan infeksi pada bagian sinus secara alami melainkan juga bisa mencegahnya sejak awal. Hasil studi menunjukkan jika mengonsumsi bawang putih saat musim dingin ternyata bisa membuat tubuh menjadi hangat serta bisa juga menyembuhkan penyakit flu.

Kandungan senyawa alicin yang ada pada bawang putih bisa membunuh bibit-bibit penyakit.

Anda bisa mengonsumsinya bersama dengan campuran jus tomat dan jus lemon yang dipanaskan dalam panci selama beberapa menit. Konsumsi minuman ini selama dua kali sehari sampai infeksi sinus mereda atau bahkan hilang.

  1. Cuka Sari Apel

Obat sinusitas alami selanjutnya yang bisa anda gunakan yaitu cuka sari apel. Bahan satu ini kaya akan beragam jenis nutrisi seperti vitamin A, E, B1 serta B2 dan magnesium. Kehadiran nutrisi tersebut bisa membersihkan rongga sinus serta mengobati gejala alergi yang diakibatkan oleh sinusitis itu sendiri.

Pengobatannya bisa dilakukan dengan mencampurkan dua atau tiga sendok makan cuka apel ke dalam secangkir air panas, lalu tambahkan madu atau lemon untuk menambah cita rasanya.

  1. Minyak Oregano

Minyak oregano memiliki sifat antiinflamis sehingga bisa mengurangi rasa sakit dari pembengkakan pada rongga hidung. Dengan ini maka bisa dengan mudah membebaskan aliran lendir pada saluran pernapasan.

Cara menggunakannya bisa dengan menambahkan beberapa tetes minyak oregano pada semangkuk air mendidih kemudian tutup mata dan hiruplah aromanya. Silahkan lakukan selama beberapa menit dan ulangi ketika siang dan malam hari.

  1. Kunyit

Hasil penelitian dari University of California menunjukkan jika kunyit memiliki antibiotic serta antivirus yang cukup baik bagi kesehatan tubuh. Untuk menggunakannya juga cukup mudah bisa dengan mencampurkan beberapa kunyit serta jahe kemudian seduhlah bersama dengan teh panas. Anda bisa mengonsumsinya selama beberapa kali dalam satu hari.

  1. Lidah Buaya

Tanaman satu ini memang memiliki banyak sekali manfaat salah satunya untuk mengobati sinusitis. Pada lidah buaya terdapat senyawa aktif yang ampuh dalam mengobati beragam jenis penyakit sinusitis. Silahkan rebus lidah buaya dengan air secukupnya. Manakala sudah maka silahkan minum air rebusan ketika masih dalam keadaan hangat sisakan sedikit dan teteskan kebagian lubang hidung kamu.

Itulah obat tradisional yang mudah dibuat dan ditemukan untuk menyembuhkan penyakit sinusitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *