5 Menu Masakan Rumahan Yang Menjadi Favorit Keluarga

Masakan rumahan merupakan makanan yang lezat dan terkadang sangat tidak dapat digantikan dengan makanan restoran manapun. Meskipun makanan rumah sangat sederhana dan dibuat dengan bahan-bahan yang terbilang sangat umum ditemui namun rasanya akan sangat mampu membuat seseorang selalu merindukan rumah apabila sedang berada diluar rumah. Oleh karena itu, mengetahui mengenai beberapa menu masakan rumahan yang lezat dan banyak dijadikan sebagai masakan favorit keluarga akan membuat anda semakin kreatif dan menghargai karya masakan anda untuk keluarga.

  1. Sayur asem

Makanan atau masakan yang pertama adalah sayur asem. Masalah ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat di indonesia. Bahan hampir di setiap daerah di di indonesia memiliki sayur asem khasnya masing-masing. Anda bisa menemukan sayur asem khas betawi, jawa, hingga sayur asem khas sulawesi. Makanan ini sangat digemari karena memiliki cita rasa yang gurih dan juga segar karena kuahnya terasa sedikit asam. Sayur asem yang paling lezat menurut banyak orang adalah sayur asem dari jawa tengah. Jika anda ingin membuat sayur asem maka bahan yang bisa digunakan adalah bawang merah, bawang putih, dan juga cabai merah sebagai bumbu. Bahan lainnya antara lain buah labu, jagung, kacang panjang, dan juga melinjo. Supaya kuah terasa segar dan asam anda bisa menambahkan satu buah asam jawa.

  1. Sop daging sapi

Menu masakan rumahan yang selanjutnya adalah sop daging sapi. Menu masakan ini juga tidak kalah dengan sayur asem. Bahan yang digunakan tentu saja daging sapi yang dimasak dengan kuah yang rempahnya sangat lezat. Supaya semakin sehat, sop biasanya akan diberi tambahan sayuran yang menyegarkan dan juga kaya akan nutrisi seperti kol, kentang, brokoli dan bahan lainnya. Sop ini akan sangat cocok dinikmati sebagai penghangat karena bisa membantu untuk menyegarkan badan dan menghangatkan tubuh apalagi jika anda sedang merasa kurang enak badan.

  1. Nasi goreng

Makanan selanjutnya yang juga sering menjadi sajian rumahan karena memiliki rasa yang sangat lezat adalah nasi goreng. Makanan ini sangat disukai oleh banyak orang dan bahan yang digunakan juga sangat sederhana. Nasi goreng bisa dibuat dengan kreatifitas setiap orang anda bisa membuat nasi goreng pedas, nasi goreng telur, nasi goreng ayam, nasi goreng sapi atau nasi goreng lainnya. Bahan yang ditambahkan untuk nasi goreng akan sangat tergantung dengan selera anda dan keluarga. Semakin baik kemampuan masak yang dimiliki tentu nasi goreng yang dihasilkan juga akan semakin baik.

  1. Tumis kangkung

Masakan yang sangat sederhana yang terkesan begitu simple ini juga menjadi masalah yang begitu digemari. Siapa yang tidak kenal dengan tumis kangkung. Tumis kangkung memang sering sekali disajikan di meja makan rumah-rumah masyarakat indonesia. Bahkan di warung lesehan khas indonesia juga banyak yang menyediakan masakan ini. Untuk membuat masakan ini anda perlu untuk menggunakan api yang besar atau kompor dengan api besar karena memasak tumis kangkung biasanya sangat cepat. Hal ini bertujuan agar kangkung cepat matang dan warnanya tetap hijau menggoda.

  1. Bacem tahu dan tempe

Tempe dan tahu merupakan makanan yang sangat khas sekali indonesia. Anda tentu saja sudah sangat akrab dengan yang namanya tahu dan tempe bacem. Rasa tempe dan tahu bacem cenderung manis, sedikit asin dan juga cukup gurih. Tempe tahu manis ini sangat pas untuk dinikmati dengan nasi hangat sayur asem atau sayur apapun karena memang rasanya sangat mampu melengkapi berbagai jenis makanan khas indonesia. Cara membuat menu masakan rumahan yang satu ini juga sangat mudah karena hanya perlu merebus tempe tahu ke dalam air yang sudah diberi kecap, gula jawa, asam, garam, penyedap, ketumbar kaldu ayam jika ingin rasanya lebih menggoda.

Itulah menu masakan rumahan yang sangat khas dan sebaiknya anda coba buat juga di rumah. Makanan rumahan memang terkesan sederhana namun sangat bercita rasa.

Reply