5 Makanan Asli Sulawesi Yang Lezat Dan Paling Popular

Menikmati makanan khas indonesia memang tidak akan ada habisnya. Dari sabang sampai marauke akan sangat mudah menemukan makanan yang unik dan begitu khas. Jika anda ingin mencicipi makanan yang lezat maka bisa mencoba untuk menikmati makanan asli sulawesi. Sulawesi merupakan salah satu pulau yang besar dan juga kaya akan kuliner yang nikmat. Beberapa makanan yang lezat di sulawesi bisa dengan mudah ditemukan di berbagai wilayah di pulau lainnya seperti di pulau jawa. Jadi apabila anda ingin menikmati makanan khas sulawesi tidak perlu lagi bingung untuk menemukannya karena anda bisa mendapatkan di kota-kota besar di indonesia. Beberapa makanan popular yang sangat direkomendasikan bagi anda adalah :

  1. Coto makasar

Makanan yang satu ini merupakan makanan yang wajib untuk di coba. Coto makasar sudah sangat terkenal dan banyak orang mengakui jika makanan ini memiliki cita rasa yang sangat lezat. Jika anda sedang berkunjung ke sulawesi maka jangan sampai melewatkan makanan ini. Bahan yang digunakan untuk membuat coto makasarĀ  adalah seperti jeroan serta daging sapi yang direbus dengan air cucian besar dan kemudian diberi tambahan kacang tanah sehingga rasanya sangat gurih dengan kuah cukup kental. Bumbu yang digunakan untuk memasak juga cukup lengkap sehingga rasanya begitu nikmat.

  1. Jalangkote

Makanan selanjutnya yang juga merupakan makanan asli sulawesi adalah jalangkote. Makanan ini sangat mirip dengan yang namanya kue pastel. Bahannya sama dan begitu juga dengan isiannya. Kue ini berisi beberapa bahan seperti wortel, soun, telur rebus, daging, dan bahan lainnya kemudian dibungkus dengan roti tipis yang renyah. Biasanya makanan ini akan dihindangkan dengan saus yang terbuat dari bahan cuka yang dicampur cabe. Perbedaan dengan kue pastel terletak pada kulitnya. Jalangkote memiliki kulit yang lebih tebal dibandingkan dengan pastel.

  1. Sop konro

Makanan selanjutnya yang juga tidak boleh anda lewatkan adalah sop konro. Makanan ini juga begitu terkenal dan sama terkenalnya dengan coto makasar. Makanan ini terbuat dari bahan iga sapi yang dimasak dengan rempah yang lengkap. Daging iga sapi terasa begitu lembut dan empuk sedangkan kuahnya begitu bercita rasa dengan rasa rempah yang begitu kuat. Makanan ini akan sangat lezat dinikmati dengan nasi hangat. Saat ini ada dua versi sop konro yakni versi biasa dan versi bakar. Anda bisa mencicipi keduanya untuk mengetahui kelezatan keduanya.

  1. Nasu palekko

Makanan asli sulawesi yang selanjutnya disebut dengan nasu palekko. Makanan ini memang sangat khas sulawesi karena namanya adalah palekko.makanan ini terbuat dari daging sapi namun ada juga yang terbuat dari daging bebek. Rasa dari makanan ini sangat mirip dengan rendang sehingga anda bisa membayangkan sendiri betapa lembut daging dari nasu palekko dan betapa lezatnya bumbu yang meresap sampai ke dalam. Anda bisa menemukan makanan ini di beberapa titik di sulawesi yakni seperti di kabupaten wajo, pirang, pangkajene dan juga pinrap.

  1. Pisang epe

Makanan berikutnya yang tidak kalah lezat dengan makanan makanan asli sulawesi lainnya adalah pisang epe. Makanan ini merupakan cemilan manis yang terbuat dari bahan pisang. Pisang kapok dibakar dengan menggunakan arang lalu kemudian di letakkan diatas piring. Selanjutnya pisang akan ditekan hingga sedikit pipih baru dibakar lagi tanpa menggunakan kulitnya. Jika sudah pisang akan disajikan dengan gula merah cair sehingga akan sangat terasa manis dan legitnya.

Itu tadi 5 makanan asli sulawesi yang sebaiknya anda coba nikmati apabila sedang berada di sulawesi. Perjalanan di pulau sulawesi akan lengkap dan semakin afdol jika sudah mencicipi makanan aslinya.

Reply