5 Ikan Pemakan Alga Untuk Aquascape

Ikan pemakan alga untuk aquascape ternyata cukup bermanfaat. Menambahkan lumut pada aquascape atau aquarium memang tidak sepenuhnya berbahaya. Lumut ini bisa menjadikan pemandangan yang ada di dalam aquarium semakin Nampak alami. Akan tetapi terkadang kehadiran lumut ini malah mengganggu pemandangan bahkan bisa juga membahayakan ekosistem yang ada di dalam aquarium tersebut.

Nah untuk menghindari hal berbahaya tersebut maka kita bisa melakukan pengendalian terhadap lumut atau alga yang ada dalam aquarium untuk selalu menjaga keindahan aquarium. Guna mengendalikan populasi lumut ini bisa dilakukan beberapa cara tergantung pada seberapa besar jumlah alganya.

Manakala kemunculan alga sudah dalam kondisi berbahaya maka bisa dengan menggunakan cara black out untuk menghilangkan alga. Akan tetapi manakala kemunculannya masih dalam tahapan normal maka bisa dengan menggunakan ikan pemakan alga.

Ikan pemakan alga untuk aquascape selain membantu menyeimbangkan populasi alga yang ada dalam aquascape maka bisa juga menambah keindahan. Berikut beberapa ikan pemakan alga yang bisa dijadikan pilihan untuk mengendalikan jumlah alga dalam aquascape.

5 Ikan Pemakan Alga

  1. SAE (Siasmese Algae eater)

SAE merupakan jenis ikan pemakan alga paling baik untuk aquascape serta paling banyak digunakan. SAE merupakan ikan yang rajin bersih-bersih dan sangat senang makan alga. Alga yang menempel pada daun akan dimakan habis oleh ikan ini, akan tetapi setelah alganya habis atau bersih maka ikan kemudian diberi makan dengan pellet, cacing atau sayuran. Bukan hanya itu saja, SAE termasuk dalam jenis ikan yang ramah dengan jenis ikan lainnya.

  1. Otocinclus

Otocinclus ini masuk dalam jenis catfish atau lele hias yang gemar makan alga. Alga yang banyak dimakan yaitu jenis alga brown serta alga hijau. Otocinncus merupakan ikan yang berasal dari Brazil serta untuk mendapatkannya lumayan sulit karena harus impor terlebih dahulu.

Dengan demikian maka tidak mengherankan manakala harganya juga lumayan mahal. Harga mahal yang diitawarkan juga sebanding dengan ikan yang akan didapatkan karena ikan ini bisa menghilangkan alga secara alami serta ramah dengan jenis ikan lainnya.

  1. Udang Amano

Udang Amano termasuk dalam jenis pemakan alga terbaik, duikarenakan memiliki nafsu makan yang cukup besar. Bukan hanya memakan alga saja, udang ini juga akan memakan sisa-sisa makanan serta kotoran ikan yang ada di substrat daun-daun.

Hal yang harus diperhatikan manakala memasukkan udang ini yaitu jangan ada ikan yang suka memakan fauna kecil karena nanti akan dimakan juga udangnya.

  1. Red Cherry Shrimp (RCS)

RCS dengan warna merah manakala sudah tua maka akan semakin pekat warnanya. Jenis udang ini juga sangat cocok untuk aquascape sebagai ikan pemakan alga alami serta memakan sisa makanan dan memakan kotoran ikan.

Sebagian besar RCS mirip dengan Udang Amano namun RCS lebih mudah dalam perkembangbiakkan.

  1. Keong Tanduk

Keong tanduk atau kerap disebut dengan “ketan” ini merupakan jenis keong yang dapat digunakan sebagai fauna pemakan alga secara alami. Keong tanduk memiliki bentuk seperti keong pada umumnya namun pada bagian belakangnya terdapat tanduk dan untuk warnanya juga bervariasi ada coklat, kuning serta ada yang bercorak. Dengan demikian maka keong tanduk juga cocok manakala digunakan sebagai fauna pemakan alga.

Demikian beberapa rekomendasi Ikan pemakan alga untuk aquascape. Kalau saya sedang memelihara RCS, Keong dan Udang sebagai pembersih udang alami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *