4 Tips Penting Menjaga Kesehatan Mata Untuk Melindungi Dan Menutrisi Mata Anda

Seperti yang anda ketahui, mata adalah bagian yang penting dari tubuh kita. Bila kesehatan mata terganggu, anda bisa bayangkan akibatnya. Pastinya, kita akan merasa kesulitan bila tidak dapat melihat dengan jelas, bukan? Kemungkinan terburuknya, kita bahkan dapat kehilangan penglihatan. Karena itulah, mata kita perlu dijaga agar selalu sehat. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena menjaga kesehatannya tidaklah sesulit yang mungkin anda bayangkan. Dalam kesempatan ini, akan kami berikan 4 tips menjaga agar mata tetap sehat selain mengurangi penggunaan layar dan menggosok mata, serta memakan sayur-sayuran. Mari kita lihat tips yang perlu dipertimbangkan untuk menjaga kesehatan organ penglihatan kita.

  1. Menggunakan Kacamata Berlensa Gelap

Tidak semua orang menggunakan kacamata gelap hanya untuk bergaya. Perlu kita ketahui, kacamata ini sebenarnya memiliki manfaat untuk mata kita. Tahukah anda? Jika debu masuk ke mata, debu ini akan dapat menyebabkan infeksi. Parahnya, kita bisa terkena katarak. Selain itu, sinar UV juga dapat menyebabkan pengerasan lensa. Dengan gangguan di pusat retina, tidak aneh jika penglihatan kita bisa berkurang bahkan terkena katarak karena sinar UV yang berlebih. Karena itu, untuk mengurangi dampak negatif ini, kita memerlukan kacamata lensa gelap karena ia dapat menyaring sinar UV. Dengan begitu, kita dapat melindungi mata kita dan menghindarkannya dari masalah kesehatannya.

  1. Mengonsumsi Antioksidan 2 Porsi/Hari

Antioksidan juga berperan penting dalam perawatan mata. Seperti yang anda ketahui, antioksidan dapat membantu kita melawan radikal bebas. Radikal bebas tidak hanya berupa polusi saja, tetapi termasuk sinar matahari juga. Selain itu, antioksidan bahkan sebenarnya dapat mengurangi resiko pengerasan lensa sehingga dapat menghindarkan kita dari penyakit katarak. Kita tidak perlu bingung-bingung mencarinya, kandungan antioksidan bisa mudah kita peroleh dari berry, jeruk, plum, dan ceri. Paling tidak, konsumsilah buah-buahan ini 2 porsi per hari. Darinya, kita akan mendapat asupan antioksidan cukup tentunya. Di samping itu, buah sangatlah segar dan nikmat.

  1. Menambah Asam Lemak Omega-Tiga

Kita juga membutuhkan bantuan dari asam lemak omega-3. Asam lemak ini memiliki manfaat melindungi saluran air mata dan lensa, mengurangi mata kering, dan mencegah katarak. Asam lemak omega-3 dapat mudah ditemukan di ikan-ikan tertentu, seperti salmon, halibut, dan tuna. Disamping kandungannya yang penting untuk mata kita, ikan ini juga merupakan bahan pangan yang lezat untuk disantap tentunya. Karenanya, konsumsilah ikan tersebut paling tidak 2 sampai 3 porsi per minggunya. Kurangi juga konsumsi daging merah dan gunakan ikan itu sebagai penggantinya. Dengannya, kita akan dapat menghindari resiko gangguan mata yang biasa terjadi di usia senja kita.

  1. Mengonsumsi Suplemen Multivitamin

Bagaimana pun juga kita tidak bisa mengabaikan pentingnya vitamin untuk kesehatan tubuh kita. Memang, kita bisa mendapatkan asupannya dari buah-buahan, sayur-sayuran, dll. Akan tetapi, untuk menghindari kurangnya asupan yang dibutuhkan, kita perlu mengonsumsi suplemen multivitamin juga. Suplemen dapat mengkontribusikan vitamin antioksidan C dan E. Darinya, kita juga akan mendapatkan asupan vitamin B6 dan B12, beta karoten, mineral tembaga, dan seng. Vitamin-vitamin inilah yang kita butuhkan untuk memperlambat penurunan penglihatan yang disebabkan oleh gangguan yang ada pada pusat retina dan oleh gangguan katarak. Pertimbangkan juga tips ini bila anda tidak ingin mengalami gangguan mata.

Reply