4 Manfaat Sinar Matahari Pagi Hari Untuk Kesehatan Tubuh

Banyak sekali orang tidak menyukai terpapar sinar matahari, karena menurut mereka bisa menghitamkan dan mengkusamkan kulit. Memang sih kalau terlalu lama terpapar tidak baik untuk kesehatan kulit, bisa menyebabkan sakit pada mata dan melanoma. Namun bukan berarti terus kita harus menghindari sinar matahari atau tidak mau sama sekali terkena sinar matahari, karena sesungguhnya tubuh kita juga membutuhkannya untuk menutrisi kulit agar selalu sehat. Hanya saja manfaat itu bisa kita rasakan diwaktu tertentu saja dan waktu yang paling tepat untuk mendapatkan manfaat sinar matahari pagi hari. Disamping masih terasa segar dan belum menyengat, manfaat lain juga bisa kita dapatkan. Apa sajakah itu?

  1. Sumber vitamin D

Tubuh kita membutuhkan vitamin D untuk penyerapan kalsium pada tulang ditubuh kita. Vitamin D ini bisa kita dapatkan dari sinar matahari pagi yang mampu memperkuat kekebalan tubuh dari serangan penyakit kanker kulit, payudara, usus ataupun kanker ovarium, osteoporosis, jerawat dan diabetes. Vitamin D ini juga mampu menurunkan kolesterol pada darah yang bisa membantu menyembuhkan atau mencegah penyakit jantung. Dari berjemur ini juga menjadi obat terbaik jika kita tidak bernafsu makan, disamping itu sinar matahari juga akan memperbaiki sistem pada pencernaan ditubuh serta metabolism tubuh meningkat. Apabila kamu menjemur setidaknya wajah atau lengan atau kaki selama sekitar 15 menit ternyata menghasilkan sebanyak 1000 hingga 3000 UI yang mampu memenuhi kebutuhan vitamin ditubuhmu tergantung jenis kulitnya juga sih.

  1. Mampu meningkatkan daya ketahanan tubuh

Sinar matahari bisa meningkatkan produksi sel darah putih yang mampu melawan virus-virus jahat untuk menyerang tubuh serta menguatkan sistem imun tubuh. Terpapar sinar UV dipagi hari juga bisa menambah jumlah oksigen yang akan masuk di dalam tubuh. Ditambah lagi sinar matahari bisa mendetoksifikasi tubuh dari racun-racun yang masuk dengan cara memperbaiki fungsi kinerja hati.

  1. Mengurangi stress

Bagaimana cara sinar matahari mengurangi stress dalam diri kita? Jadi ditubuh kita terdapat endorfin yang merangsang emosi perasaan seseorang secara alami kemudian mengakibatkan stress atau depresi yang disebabkan karena kelelahan atau semacamnya. Nah sinar matahari mampu membantu melepaskan endorphin tersebut sehingga mengurangi stress dan depresi, terus tubuh kita akan terasa segar, bersinar, dan tidak murung serta semangat lagi untuk menjalani aktifitas sehari-hari. Selain itu, sinar matahari ini juga bisa membantu merangsangkan hormone serotonin yang berfungsi sebagai pengatur suasana hati pada otak. Dengan terpapar sinar matahari pagi maka bisa menghasilkan produksi hormon ini lebih banyak dan membuat suasana hati menjadi positif, pikiran terasa tenang, dan bisa fokus dalam mengerjakan sesuatu.

  1. Sirkulasi darah ditubuh meningkat

Dengan berjemur dipagi hari pada kulit yang terpapar langsung sinar matahari membuat pembuluh darah melebar sehingga sirkulasi darah meningkat dengan membawa banyak oksigen serta nutrisi melalui pembuluh kapiler ke seluruh sel-sel didalam tubuh. Impactnya tekanan darah bisa menurun serta stamina menjadi lebih kuat dan baik untuk kesehatan kita.

Jadi itulah manfaat sinar matahari pagi hari yang bisa kita peroleh, jangan takut untuk berjemur ya? Karena layaknya tumbuhan, tubuh kita juga membutuhkan sinar UV untuk tetap sehat, bugar, dan terhindar dari perbagai penyakit dengan catatan pemanfaatan diwaktu yang tepat dan sesuai dengan porsi atau kondisi. Selamat berjemur!

Reply