3 Makanan Sehat Untuk Balita Yang Wajib Diperhatikan

Memberikan nutrisi yang baik dan seimbang kepada balita merupakan hal penting demi pertumbuhan balita. Selain itu, pemberian nutrisi tersebut juga terkadang menjadi tantangan tersendiri bagi ibu-ibu. Namun, jika anda kreatif dan memiliki kesabaran menghadapi anak balita, tentu anda bisa mensiasatinya dalam membuat Makanan sehat untuk balita. Selain itu, kalori yang dibutuhkan setiap anak pun cukup berbeda-beda sehingga dengan mengetahui kebutuhan anak, kita bias membuat makanan yang sehat bagi mereka.

3 kelompok makanan sehat yang wajib diberikan untuk Balita

Untuk membuat perencanaan makanan bagi buah hati yang masih balita, kita harus jeli sehingga kebutuhan nutrisi untuk mereka akan terpenuhi dengan baik. Untuk itu, memperhatikan dan memastikan menu makanan yang disajikan untuk mereka semua sudah mengandung jenis nutrisi yang dibutuhkan atau tidak. Untuk itu, agar anda bias mudah mengetahuinya, berikut ini ada beberapa makanan yang wajib dihidangkan kepada anak usia balita sehingga kebutuhan gizi dan nutrisi tercukupi untuk perkembangan mereka.

  1. Makanan berkabohidrat

Makanan pertama yang wajib dikonsumsi balita adalah makanan yang mengandung karbohidrat karena kandungan karbohidrat mengandung nutrisi, energy, dan serat. Semua jenis makanan ini sendiri biasanya digemari oleh anak-anak biasa berupa roti, sereal, kentang atau ubi, nasi hingga pasta. Akan tetapi anak dibawah usia 2 tahun disarankan tidak banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung biji gandum utuh karena bisa mengenyangkan sebelum mereka dapat kalori dan nutrisi yang dibutuhkan.

  1. Sayuran dan buah-buahan

Sedangkan makanan kedua yang wajib dikonsumsi balita adalah sayuran dan buah-buahan. Untuk dua makanan ini mungkin banyak anak yang rewel atau bahkan pilah-pilih hingga tidak mau mengkonsumsi sayur atau buah tertentu yang mana didalamnya mengandung banyak nutrisi baik untuk pertumbuhan mereka. Oleh karena itu, seorang ibu harus kreatif dalam mengolah sayur atau buah sehingga anak-anak menyukainya. Pada buah dan sayur sendiri memang kaya akan vitamin, mineral, hingga serat. Dengan demikian, penting kiranya seorang ibu memperkenalkan secara bertahap sayur-sayuran dan buah untuk anak.

Tiap sayur dan buah juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang berbeda-beda sehingga semakin bervariasi jenis sayur dan buah yang diberikan ke anak maka semakin baik untuk tumbuh kembang anak. Jika anda khawatir anak hanya makan satu dua jenis sayuran, maka anda bias secara rutin memberikan sayur dan buah dalam jumlah kecil setiap harinya agar anak bisa belajar menyukai rasanya. Anak balita sendiri cenderung menyukai sayuran atau buah yang mentah dibandingkan yang sudah dimasak sehingga anda bisa mensiasatinya dengan menjadikan sayuran sebagai toping makanan.

  1. Susu dan produk olahan susu

Sedangkan kelompok makanan terakhir yang wajib dikonsumsi oleh balita adalah susu dan produk olahan susu. Susu segar dan olahannya merupakan sumber utama kalsium yang berfungsi untuk menunjang perkembangan dan pertumbuhan tulang dan gigi anak. Produk-produk ini juga kaya akan kandungan vitamin A dimana vitamin tersebut membantu tubuh anak melawan infeksi dan dibutuhkan untuk kesehatan kulit dan mata.

Selain ketiga jenis kelompok makanan diatas, sebenarnya anak juga butuh diberikan daging, ikan, kacang-kacangan, telur dan sumber protein lainnya. Hal itu disebabkan karena anak membutuhkan asupan protein dan zat besi yang cukup tinggi selama pertumbuhan mereka. Oleh karena itu, memperkenalkan kepada anak pada makanan berprotein tinggi setidaknya satu porsi setiap harinya akan membantu tumbuh kembang anak menjadi lebih baik. Dengan mengenal dan mengetahui Makanan sehat untuk balita tersebut diatas, maka anda tidak perlu khawatir anak anda rentan terhadap penyakit dan mengalami gizi buruk ataupun tumbuh kembang yang tidak baik karena makanan-makanan tersebut membantu anak-anak lebih sehat dan kebal akan penyakit.

No Responses

Reply