3 Jus Untuk Balita yang Bisa Merangsang Kecerdasan

Kemampuan kecerdasan anak pada dasarnya bisa dilihat dari bagaimana kemampuan otaknya dalam berpikir serta cepat dan tanggap dalam menyelesaikan sesuatu. Di dalam kehidupan sehari-hari anak yang cerdas lebih mampu dalam menerapkan pengetahuan yang sudah diberikan disekolah, lingkungan tempat tinggal maupun orang tua.

Jika dipahami lebih lanjut sebenarnya resep-resep jus untuk balita yang bisa merangsang kecerdasan ini banyak dibuat dari sayuran dan ternyata manfaatnya cukup besar. Mengingat pada usia anak-anak perkembangan otak sangat tepat terjadi sehingga memberikan asupan jus yang tepat akan membantu dalam merangsang kecerdasannya.

Hal yang Dapat Merangsang Kecerdasan Anak

Sesuai dengan hasil riset, kecerdasan sangat ditentukan oleh seberapa banyak jumlah sel di otak dan kemampuan sel syaraf dalam mengirimkan atau mengambil informasi. Pertumbuhan yang kedua ini terjadi cukup pesat di dalam kandungan hingga anak berusia dua tahun. Banyak cara bisa dilakukan untuk merangsang kecerdasan anak mulai dari mengonsumsi susu atau minuman sehat seperti jus untuk balita hingga memberikan beragam motivasi untuk anak.

Tahap terpenting dalam menstimulasi kecerdasan anak adalah dengan memenuhi asupan zat gizi serta nutrisi cukup sesuai kebutuhannya. Manakala ketika waktu hamil asupannya masih kurang maka bisa dipastikan jika perkembangan otaknya sejak janin tidak akan maksimal.

Terdapat beberapa jenis bahan makanan tertentu misalnya buah serta sayur yang sudah terbukti baik dalam merangsang serta meningkatkan kecerdasan otak. Jenis sayuran hijau serta bahan makanan lain yang bagus untuk kecerdasan diantaranya brokoli, daun bayam, daun ubi jalar, wortel dan beberapa jenis biji-bijian seperti wijen, flax seed, kacang almond.

Inteligent brain juice adalah nama istilah cukup popular yang kerap digunakan untuk memberikan nama beraneka macam jus buah serta sayuran yang berguna untuk kecerdasan otak anak maupun orang dewasa.

Perlu diingat jika beragam jenis jus ini dapat dikonsumsi oleh usia berapa saja baik anak-anak, remaja, orang dewasa, lansia hingga ibu hamil. Untuk mencegah adanya kebosanan maka bisa memberikannya secara bergantian. Langkah ini berfungsi untuk memastikan sel otak serta sel syaraf bisa menerima beragam kandungan penting yang dibutuhkan oleh tubuh demi meningkatkan kecerdasan.

Daftar Jus yang Bisa Meningkatkan Kecerdasan

  1. Jus brokoli manis

     Bahan-bahan :

     Jus brokoli manis campur jeruk

     100 g brokoli hijau

     4 buah jeruk manis

     1 sdm wijen

Cara membuat :

     Masukkan brokoli ke dalam blender, tambahkan sedikit air matang. Haluskan kemudian saring airnya menggunakan kain bersih atau saringan santan.

     Ambil buah jeruk, peras airnya.

     Campur air brokoli, air jeruk manis dan wijen. Blender hingga halus dan tercampur rata.

     Brokoli mengandung zat besi dan asam folat, dua jenis zat makanan yang bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan otak.

  1. Jus buah apel mix sawo

Bahan-bahan :

     Buah apel untuk kecerdasan otak

     1 buah apel merah

     2 buah sawo matang

     1 sdm kacang almond

Cara membuat jus :

     Ambil sari apel menggunakan alat juicer. Jika tidak punya bisa diganti blender kemudian saring airnya.

     Masukkan air apel, daging buah sawo, serta kacang almond ke dalam blender.

     Blender hingga halus, sajikan dalam gelas.

     Manfaat buah apel untuk kecerdasan adalah memelihara kesehatan sel syaraf berkat zat luteolin di dalamnya.

  1. 3. Jus buah mangga jeruk

Bahan-bahan :

     Buah jeruk orange untuk jus

     100 g buah mangga

     100 g jeruk manis

     15 g cokelat hitam

Cara membuat jus :

     Peras buah jeruk, kemudian ambil sarinya.

     Masukkan sari jeruk, potongan daging buah mangga dan cokelat hitam ke dalam blender.

     Proses hingga halus, sajikan segera.

     Kandungan vitamin C dalam buah jeruk berguna sebagai antioksidan jaringan otak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *